androidvodic.com

10 Warga Sipil Tewas dalam Serangan di Papua, Amnesty: Keji dan Tak Bisa Dibenarkan! - News

News, JAKARTA - Sebanyak 10 orang warga sipil di Kampung Nogoliat, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, menjadi korban dalam serangan yang diduga dilakukan kelompok bersenjata pada Sabtu (16/7/2022).

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid menyebut insiden tersebut benar-benar keji dan tak bisa dibenarkan.

Karena itu, Amnesty mendesak aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas pelaku di balik insiden tersebut.

“Pembunuhan di luar hukum terhadap sepuluh warga sipil di Nduga ini benar-benar keji dan tidak bisa dibenarkan. Kami mendesak aparat untuk mengusut tuntas pelakunya," kata Usman dikutip dari amnesty.id, Senin (18/7/2022).

Menurut Usman, saat ini merupakan momentum yang tepat bagi pemerintah untuk menghentikan kekerasan di Papua.

Bahkan, kata dia, saat ini telah terjadi krisis hak asasi manusia (HAM) di Papua yang mana hampir setiap hari ada kekerasan.

"Sudah saatnya negara menghentikan siklus kekerasan di Papua. Saat ini telah terjadi krisis hak asasi manusia (HAM) di Papua. Di mana hampir setiap hari terjadi kekerasan dengan korban dan pelaku dari berbagai kelompok," ujar Usman.

Baca juga: Pj Bupati Nduga Mengaku Tak Menyangka KKB Papua Berbuat Keji pada Warganya

Usman menegaskan, kebijakan yang diterapkan pemerintah selama kurun waktu puluhan tahun di Papua justru tak berhasil menghentikan pelanggaran HAM.

Sebaliknya, lanjut dia, malah menimbulkan korban masyarakat sipil yang semakin banyak.

“Kebijakan yang selama puluhan tahun diterapkan di Papua ini nyatanya tidak berhasil menghentikan pelanggaran HAM di sana dan malah menimbulkan korban sipil yang semakin banyak," ungkap Usman.

KKB Diduga Jadi Dalang

Dilansir Kompas.id, KKB pimpinan Egianus Kogoya diduga menyerang warga sipil di Kampung Nogolait, Distrik Kenyam, ibu kota Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu (16/7/2022).

Dilaporkan sebanyak 10 orang tewas dan dua orang dalam kondisi sekarat.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua Komisaris Besar Faisal Ramadhani membenarkan adanya insiden di Kampung Nogolait tersebut.

Kolase Pimpinan Kelompok Kriminal Bersejata (KKB) Egianus Kogoya dan evakuasi korban pembantaian KKB dari Nduga ke Timika, Papua, Sabtu (16/7/2022).
Kolase Pimpinan Kelompok Kriminal Bersejata (KKB) Egianus Kogoya dan evakuasi korban pembantaian KKB dari Nduga ke Timika, Papua, Sabtu (16/7/2022). (Tribun Papua)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat