androidvodic.com

Kominfo Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital Para Pelaku UMKM - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pihaknya mendukung transformasi digital pada pengembangan bisnis UMKM.

Kominfo, kata Semuel, berupaya melakukan peningkatan literasi digital para pelaku UMKM.

"Kominfo memiliki program UMKM Go Online yang bisa diikuti pelaku UMKM. Melalui program ini, UMKM dapat memperoleh ilmu dan memahami proses berjualan secara daring (online) hingga mampu mandiri dan memperluas jaringan pemasaran produk masing-masing," ujar Semuel melalui keterangan tertulis, Senin (25/7/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh Semuel dalam acara yang bertajuk Meta Bacarita Produk Lokal: UMKM Berdaya untuk Indonesia, sebagai salah satu rangkaian agenda Digital Economy Working Group (DEWG) pada perhelatan G20.

Baca juga: Kominfo: Dari 65,47 Juta UMKM di Indonesia, Baru 19 Juta yang Go Digital

Kegiatan ini dilaksanakan Center for Digital Society (CfDS) bekerjasama dengan Meta, Kominfo, dan APJII.

Acara ini dibuka oleh Dedy Permadi selaku Co-Chair Digital Economy Working Group G20.

Peningkatan ekonomi melalui UMKM dapat dilaksanakan apabila seluruh pemangku kepentingan bekerja sama.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan edukasi untuk pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan ruang digital secara positif, produktif, dan kreatif.

Selaras dengan hal tersebut, Ketua Umum APJII, Muhammad Arif menyampaikan bahwa APJII juga dengan aktif memberikan akses di daerah tanpa jaringan internet melalui program Desa Internet Mandiri.

Program ini menyasar desa-desa di luar daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

"Saat ini kesadaran UMKM untuk memanfaatkan platform digital masih sangat rendah, masih banyak yang menggunakan cara-cara konvensional dalam menjajakan produknya. Maka dari itu, kami selalu berupaya untuk memberikan sosialisasi kepada UMKM terkait keunggulan dari
menggunakan platform digital dalam memasarkan produk," kata Arif.

Direktur Kebijakan Publik Asia Tenggara, Meta, Rahimah Abdulrahim menjelaskan Meta akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong pemanfaatan teknologi digital guna membantu pelaku UMKM agar dapat tumbuh dan maju.

"Kami mendukung pertemuan G20 dan pemerintah Indonesia dalam mewujudkan visi untuk membangun teknologi masa depan melalui beragam program strategis, investasi, dan teknologi, termasuk berbagai program untuk pelaku UMKM agar mereka dapat terus mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi digital. Kesuksesan pemanfaatan teknologi digital ini tentunya dalam rangka mendorong ekonomi lokal yang berkelanjutan,” ujar Rahimah.

Pada kegiatan ini membahas akselerasi ekonomi digital melalui UMKM yang dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, seperti perwakilan UMKM yang tergabung dalam Asosiasi Kelompok Usaha Unitas Labuan Bajo (Akunitas), Mahasiswa Poltek eLBajo, komunitas-komunitas lokal, perwakilan pemerintah daerah, dan masyarakat umum.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat