androidvodic.com

Beda Paspor Desain Lama dan Baru, Ini Solusi Dirlantaskim soal Paspor Tanpa Kolom Tanda Tangan - News

News - Simak perbedaan paspor desain lama dan baru.

Paspor desain lama yaitu paspor seri A dan paspor desain baru yaitu paspor seri B.

Adapun paspor seri A memiliki kolom tanda tangan pemegang paspor, sedangkan paspor seri B tidak ada kolom tanda tangan pemegang paspor.

Kedua paspor ini sama-sama resmi berlaku.

Desain paspor seri A masih diterbitkan untuk menghabiskan stok paspor seri A.

Bagi masyarakat yang hendak mengurus paspor tidak dapat memilih paspor desain seri A atau seri B, karena semua tergantung dari stok yang ada, dikutip dari akun TikTok @ditjen_imigrasi.

Baca juga: Pemegang Paspor RI yang Ingin ke Jerman Bisa Ajukan Pengesahan Tanda Tangan di Kantor Imigrasi

Paspor Indonesia Seri B Sempat Ditolak Kedubes Jerman

Plt Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM, Amran Aris meminta Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) untuk mengakomodir permohonan peneraan tanda tangan pemegang paspor seri B.

Hal ini adalah buntut dari ditolaknya paspor RI desain terbaru (seri B) oleh Kedutaan Besar (Kedubes) Federal Jerman.

Kedubes Jerman tidak dapat menerima paspor tanpa kolom tanda tangan untuk pemrosesan permohonan visa.

"Dimohon bantuan Kepala Divisi Keimigrasian untuk dapat memerintahkan kepada seluruh Kepala Kantor Imigrasi yang berada di wilayah kerjanya untuk mengakomodir permohonan peneraan tanda tangan pemegang paspor RI bagi pemegang paspor RI tanpa kolom tanda tangan pada halaman pengesahan (endorsement) oleh Kepala Kantor/pejabat Imigrasi," kata Amran dalam keterangannya, Sabtu (13/8/2022), seperti diberitakan News.

Amran menerangkan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah mengadakan blangko paspor RI tanpa kolom tanda tangan pemegang paspor pada halaman 48 paspor RI elektronik dan non-elektronik.

Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Amran Aris
Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Amran Aris (News/Ilham Rian Pratama)

Baca juga: Kemenlu Minta Kedubes Jerman Proses Paspor RI Tanpa Tanda Tangan

Spesifikasi pengadaan blangko paspor RI tercantum pada Keputusan Menteri Hukum dan HAM R.I Nomor M.HH-01.GR.01.03.01.3059 Tahun 2019 tentang Spesifikasi Teknis Pengamanan Khusus Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor.

Diberitakan sebelumnya, situs resmi Kedubes Jerman di Jakarta memaparkan paspor Indonesia (seri B) ditolak untuk diproses karena tidak adanya kolom tanda tangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat