androidvodic.com

KSAL Pimpin Doa Bersama dan Tabur Bunga HUT Ke-77 RI di Atas KRI Semarang-594 - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin Doa Bersama Lintas Agama dan tabur bunga di atas geladak Heli KRI Semarang-594 dalam pelayaran dari Dermaga Koliniamil menuju perairan Teluk Jakarta pada Jumat (19/8/2022).

Kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 tersebut dilaksanakan untuk mendoakan keselamatan bangsa dan negara Indonesia.

Selain itu, kegiatan itu juga dilakukan untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan maupun pahlawan laut Indonesia yang telah rela berkorban jiwa raga guna merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dalam sambutannya, Yudo mengatakan bagi bangsa manapun, terlebih bangsa Indonesia, kemerdekaan adalah harta yang paling berharga. 

Sebab, lanjut dia, kemerdekaan merupakan jembatan yang membawa kita menyeberang dari penindasan oleh bangsa lain menuju kejayaan atas kehendak sendiri.

Dengan demikian, kata Yudo, kemerdekaan harus disyukuri sebagai rahmat yang tiada terkira dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selain itu, kata dia, kemerdekaan yang dinikmati hari ini adalah buah doa, perjuangan, dan pengorbanan para patriot bangsa dari semua elemen dan golongan. 

Oleh karena itu acara tersebut juga digelar untuk sama-sama mensyukuri kemerdekaan bangsa Indonesia, seraya mendoakan arwah para pahlawan pejuang kemerdekaan sekaligus memohon kepada Sang Pencipta demi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

"Untuk mampu pulih dan bangkit, kita perlu kembali memperkuat kesadaran bahwa Negara Indonesia dibangun di atas kebhinekaan yang luar biasa. Sehingga persatuan dan kesatuan adalah harga yang tidak dapat ditawar demi keutuhan dan kelangsungan hidup Bangsa Indonesia," kata Yudo.

Dalam pelayaran tersebut, Yudo juga mengajak hadirin untuk menikmati anugerah lain bagi Bangsa Indonesia yang kadang kita lupakan yaitu alam negara kepulauan yaknibnegara yang wilayah lautnya jauh lebih luas dari daratan.

Baca juga: Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut, KSAL Yudo Margono: Komitmen Sejak Awal

Ia mengatakan betapa indah negara ini dan betapa agung sang pemberi anugerah itu. 

Yudo juga mengungkapkan alangkah beruntungnya kiya masih memperoleh kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa itu. 

"Semoga rasa syukur kita atas anugerah itu akan memperkuat tekad kita untuk menjaga dan mempertahankan bersama-sama," kata dia. 

Ia pun mengatakan peran para tokoh agama sekaligus tokoh bangsa sangat besar dalam menjaga persatuan dan kesatuan melalui toleransi melalui kerukunan umat beragama.

Untuk itu, kata dia, kegiatan tersebut mengambil tema Membangun Kejayaan Maritim dan Toleransi Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat.

"Semoga apa yang kita kerjakan hari ini akan menjadi sumbangsih yang bermanfaat dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," lanjut Yudo.

Pelayaran tersebut turut dihadiri perwakilan tokoh dari masing-masing agama resmi yang ada dan diakui di Indonesia yakni dari Agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu.

Baca juga: KSAL Serahkan Bendera Merah Putih untuk Dikibarkan Besok di Pulau Putri Kepulauan Seribu

Turut hadir pula para Pejabat Utama Mabesal dan para Pangkotama TNI AL di wilayah Jakarta. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat