androidvodic.com

Diwarnai Canda, Puan Maharani Sosialisasi Pencegahan Menikah Usia Dini kepada Remaja Bali - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menyosialisasikan pencegahan menikah usia dini kepada remaja dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) di Desa Adat Pecatu, Kuta Selaran, Kabupaten Badung, Selasa (30/8/2022).

Puan hadir didampingi Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Hasto Wardoyo.

Kehadiran Puan dalam acara Sosialisasi pencegahan stunting dari Hulu melalui Festival Genre (Generasi Berencana) disambut hangat peserta yang kebanyakan adalah siswa SMA.

Di lokasi acara pun juga digelar kegiatan vaksinasi bagi para lansia.

Disambut Bupati Badung Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, Puan sekaligus membuka Festival Genre.

Terdapat juga penyerahan anugerah kepada Duta Genre Desa yang dimenangkan oleh 4 orang pemuda yakni Arnoldus David Candin, Luh Gede Yuniasti Widhiasih Jorareis, Ni Nyoman Nadia Ayu Paramita, dan I Komang Putra Adnyana.

“Tugas Duta Genre memangnya apa?” tanya Puan kepada Para Duta Genre Desa.

Para Duta Genre menjawab mereka melalukan sosialisasi kepada pemuda agar tidak melakukan pernikahan dini, tidak berhubungan seksual di usia muda maupun seks bebas, dan tidak menggunakan narkotika.

Duta Genre juga memberi sosialisasi kepada pemuda/pemudi calon orangtua untuk mempersiapkan fisik dan mental sebelum menikah agar anak-anaknya kelak bertumbuh dengan baik.

Baca juga: Turnamen Basket Antar Perguruan Tinggi Puan Maharani Cup 2022 Boleh Diperkuat Pemain IBL

“Ini yang paling penting dilakukan, khususnya untuk anak muda. Karena kalian punya rencana hidup, harus diperhatikan harus siap lahir dan batin. Mental juga harus siap. Dan ini berkaitan dengan pencegahan stunting. Perempuan juga harus diapkan diri agar anaknya sehat,” ujar Puan.

Dia menegaskan pentingnya seribu hari pertama pertumbuhan anak.

Puan lantas memanggil salah satu Duta Genre untuk menjelaskan pentingnya sosialisasi kepada kalangan muda agar penuh persiapan sebelum menikah.

“Apa yang harus dilakukan anak-anak muda?” ucap Puan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat