androidvodic.com

Resmi Jabat MenPAN RB, Abdullah Azwar Anas Ungkap Tiga Prioritas Rencana Kerja - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas memaparkan sejumlah hal yang akan dilakukan selama bertugas.

Hal itu dikatakan Abdullah Azwar Anas saat konferensi pers di kantor KemenPAN RB, Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2022).

Pertama, ia mengatakan akan melanjutkan program yang telah dicanangkan pada era Tjahjo Kumolo dan sempat diteruskan oleh Plt. MenPAN RB Mahfud MD.

“Saya tentu ingin melanjutkan program yang telah baik dirancang oleh almarhum Pak Tjahjo dan juga yang telah beliau tinggalkan dari Prof. Mahfud MD. Insyaallah ini yang baik-baik akan kami lanjutkan,” kata Abdullah Azwar Anas .

Kemudian yang kedua, ia pun akan meningkatkan pelayanan publik dan reformasi birokrasi. Hal itu sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini akan menjadi agenda prioritas yang dimandatkan oleh Bapak Presiden,” ujar Azwar.

Mantan Bupati Banyuwangi ini pun lantas menyinggung soal digitalisasi birokrasi. Sebab, kata dia, distupsi digital telah terjadi di kehidupan sehari-hari.

“Dulu ATM di mana-mana, sekarang  banyak orang tidak menggunakan ATM, karena sudah cashless,” katanya.

“Kedepan birokrasi saya kira juga sama, digital birokrasi itu menjadi pilihan,” sambung Azwar.

Ia merinci, ada tiga aspek dalam digitalisasi birokrasi. Di antaranya ditial culture atau budaya digital, digital kompetensi dan digital struktur.

Baca juga: Lantik Azwar Anas Jadi Menpan RB Baru, Jokowi Minta Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Dipercepat

“Nah tiga prioritas inilah yang tentu kedepan tiga program ini yang menjadi bagian yang akan kita teruskan dari ide pandangan dari Prof Mahfud MD dari Pak Tjahjo Kumolo dan sesuai dengan arahan Bapak Presiden,” kata Azwar.

Sebelumnya, Plt. Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Mahfud MD optimis Abdullah Azwar Anas sebagai MenPAN RB yang resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Hal itu disampaikannya setelah melakukan serah terima jabatan di kantor KemenPAN RB, Jalan Jenderal Sudirman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2022).

Adapun prosesi serah terima jabatan dilakukan secara tertup, hanya untuk kalangan internal instansi kementerian.

“Saya baru saja menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai Plt. Menpan RB kepada bapak Abdullah Azwar Anas,” kata Mahfud MD dalam konferensi pers.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat