androidvodic.com

Lantik Azwar Anas Jadi Menpan RB Baru, Jokowi Minta Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Dipercepat - News

News - Azwar Anas resmi dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) pada hari ini, Rabu (7/9/2022).

Pelantikan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung di Istana Negara.

Setelah resmi dilantik, Jokowi menginginkan Azar Anas untuk mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi.

“PANRB. RB-nya itu reformasi birokrasi, digarap secara cepat sehingga birokrasi kita menjadi birokrasi yang melayani, birokrasi dengan kedisiplinan yang tinggi,” ujar Presiden kepada media, seusai pelantikan.

Baca juga: PROFIL Abdullah Azwar Anas, Menpan RB Baru Pengganti Tjahjo Kumolo: Besar di Lingkungan Pesantren

Menurut Jokowi, Azwar Anas sudah mengerti tentang apa yang harus dilakukan saat ini sebagai Menpan RB.

"Saya kira enggak usah diberi pesan-pesan sudah mengerti apa yang harus dilakukan. Sangat mengerti, bukan mengerti, tapi sangat mengerti," kata Jokowi, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan pemilihan Azwar Anas sebagai Menpan RB yang baru ini lantaran tred record yang dimiliki.

Banyak hal yang telah dilakukan Azwar Anas saat menjabat Bupati Banyuwangi, seperti inovasi di bidang pelayanan publik dan inovasi lainnya.

"Waktu memegang birokrasi di Banyuwangi, banyak sekali yang saya lihat. Saya langsung melihat ke sana saat itu, inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik, inovasi-inovasi di urusan KTP, urusan perizinan yang dilakukan bisa di pasar, di mal."

"Saya kira beliau termasuk yang pertama saat itu, sehingga track record itu yang menyebabkan kita memilih Pak Azwar Anas," jelas Jokowi.

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/9/2022). Azwar Anas dilantik menjadi Menteri PANRB oleh Presiden Jokowi menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia akibat sakit beberapa waktu lalu. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/9/2022). Azwar Anas dilantik menjadi Menteri PANRB oleh Presiden Jokowi menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia akibat sakit beberapa waktu lalu. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Baca juga: REKAM JEJAK Azwar Anas, Kepala LKPP yang Resmi Dilantik Jadi Menpan RB

Sementara itu, Azwar Anas mengatakan dirinya siap mendukung apa yang menjadi target-target prioritas yang telah dicanangkan pemerintah.

Termasuk misalnya target prioritas seperti bagaimana birokrasi terlibat sungguh-sungguh di penanganan kemiskinan, stunting, dan seterusnya.

"Ini kalau kita bagi habis kan bisa selesai. Intinya kami akan bekerja sesuai dengan arahan Bapak Presiden tadi, termasuk birokrasi yang melayani,” ujar Azwar Anas.

Lebih lanjut, Azwar juga mengatakan dirinya akan terus mendorong digitalisasi dan integrasi program dan kegiatan pemerintah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat