androidvodic.com

Menteri PANRB Azwar Anas: Sebagian ASN Ke Kantor, Tak Tahu Apa Yang Mau Dikerjakan - News

News, JAKARTA - Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mendorong setiap aparatur sipil negara (ASN) memiliki sasaran kinerja yang jelas.

Termasuk, bagaimana masing-masing ASN harus bertanggung jawab atas target yang ditetapkan oleh organisasinya. 

"Ini masalahnya ada sebagian orang datang ke kantor nggak ngerti apa yang mau dikerjain. Tugas kita adalah mendorong untuk semua pihak, untuk mendorong agar ASN kita tau mengerjakan apa dan selanjutnya," tegas Menteri Azwar saat ditemui di kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Pria yang pernah menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode ini juga fokus terhadap digitalisasi di semua lini pemerintahan.

Baginya, digitalisasi adalah sebuah keniscayaan. 

Menteri Anas mengungkapkan ada pola pikir yang berpendapat bahwa mengurus perizinan di pelayanan pemerintah lebih rumit daripada mengurus urusan sektor swasta yang bisa diselesaikan dengan smartphone.

Baca juga: Resmi Jabat MenPAN RB, Abdullah Azwar Anas Ungkap Tiga Prioritas Rencana Kerja

Ia melihat beberapa daerah sudah mulai menerapkan sistem digital, salah satunya adalah Kabupaten Banyuwangi

Setiap kepala desa di Banyuwangi, bisa melakukan tanda tangan secara elektronik melalui gawainya dari mana pun, tidak lagi harus ke kantor dengan setumpuk berkas. 

Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri menyalami Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas seusai pengambilan sumpah di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/9/2022). Azwar Anas dilantik menjadi Menteri PANRB oleh Presiden Joko Widodo menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia akibat sakit beberapa waktu lalu. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri menyalami Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas seusai pengambilan sumpah di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/9/2022). Azwar Anas dilantik menjadi Menteri PANRB oleh Presiden Joko Widodo menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia akibat sakit beberapa waktu lalu. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Daerah yang sudah menerapkan sistem ini bisa menularkan inovasinya ke daerah lain yang sedang berkembang. 

“Kedepannya ada Indonesia in your hand. Tugas reformasi birokrasi ini meratakan agar semua bisa berjalan dengan baik,” terangnya.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat