androidvodic.com

Kritik UU PDP, LBH Jakarta Soroti Tiga Poin Utama: Lembaga Otoritas Harus Independen - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta menyoroti sejumlah poin dalam pengesahan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP).

Seperti diketahui, RUU PDP telah menjadi UU dalam Rapat Paripurna DPR ke-5 Masa Persidangan Tahun Sidang 2022-2023, yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus.

Pengacara LBH Jakarta Alif Fauzi Nurwidiastomo mengatakan pengesahan UU PDP seharusnya tidak ditempatkan pada Lembaga/Badan Perlindungan Data Pribadi berada di bawah Presiden/Kementerian.

“Karena berpotensi tarik menarik penyalahgunaan untuk kepentingan politik atau oleh penguasa,” kata Alif Fauzi Nurwidiastomo dalam keterangannya, Selasa (20/9/2022).

Menurut dia, rekam jejak kebocoran data pribadi di Indonesia terjadi beberapa kali, bahkan terjadi pula pada korporasi plat merah.

Baca juga: Disahkannya UU PDP Bisa Membuat Konsumen Semakin Nyaman Bertransaksi Digital

Beberapa di antaranya seperti kebocoran data daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu tahun 2014 sebanyak 2,3 Juta, aplikasi eHAC, penyebarluasan data pribadi konsumen pinjaman online.

Kemudian kasus terakhir adalah kebocoran data pelanggan PLN, IndiHome dan SIM Card Jasa Telekomunikasi hingga beberapa data pribadi pejabat pemerintahan.

Adapun pandangan LBH Jakarta terhadap persoalan tersebut, berikut adalah tiga pandangan LBH Jakarta terkait UU PDP.

Pertama, ketika Lembaga/Badan Otoritas perlindungan data pribadi dibentuk melalui UU PDP diharapkan kedudukannya tidak ditempatkan berada di bawah Presiden langsung atau Kementerian dalam struktur ketatanegaraan.

Alif Fauzi mengatakan, Lembaga Perlindungan Data Pribadi dalam RUU PDP itu sendiri, ditetapkan oleh Presiden dan bertanggung jawab kepada Presiden sebagaimana Pasal 58 ayat (3) dan (4) RUU PDP dan akan diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah (PP).

“Desain kelembagaan yang seperti itu belum memberikan jaminan atas kepastian bahwa wewenang yang akan dimiliki dapat melindungi subjek data terbebas dari tarik menarik kepentingan politik dan pengaruh kekuasaan,” katanya.

Untuk itu, perlu keterlibatan semua lembaga pemerintahan dalam mengawasi program pemindaian, didukung dengan adanya badan pengawasan sipil yang independen, menjadi hal yang esensial dalam menjamin efektivitas perlindungan hukum bagi para subjek data.

“Institusi pengawasan internal yang tidak didukung dengan independensi, telah terbukti pula tidak efektif dalam menghadapi praktik pemindaian yang tidak sah dan sewenang-wenang,” kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat