androidvodic.com

Pengamat Sebut Dewan Kolonel Bakal Dongkrak Elektabilitas Puan Maharani dan Eratkan Konsolidasi PDIP - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo memberikan tanggapannya soal munculnya Dewan Kolonel untuk meningkatkan citra Puan Maharani maju pada Pilpres 2024 mendatang.

Diketahu berdasarkan sejumlah hasil survei mencatat ada tiga nama dengan eletabilitas teratas.

Mereka di antaranya Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Menurut Ari Nurcahyo, tidak masuknya nama Ketua DPP PDIP Puan Maharani, maka hasil tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi partai berlambang banteng ini.

“Karena memang (elektabilitas) Mba Puan tidak ngangkat, sehingga perlu digenjot dengan Dewan Kolonel ini,” kata Ari Nurcahyo dalam diskusi bertajuk ‘Jokowi Cawapres 2024 vs Capres-Cawapres Alternatif’ di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Baca juga: Megawati Kaget Dengar Ada Dewan Kolonel di Fraksi PDIP untuk Dukung Puan Maharani di Pilpres

Ari menilai kehadiran Dewan Kolonel dapat menggencarkan mesin partai sehingga bergerak di semua Daerah Pemilihan (Dapil) mulai dari DPR RI hingga DPRD Provinsi/Kabupaten dan daerah agar kompak mendukung Puan Maharani.

Selain mendongkrak elektabilitas Puan, ia menilai Dewan Kolonel ini memberi keuntungan lain bagi PDIP, yakni menggerakkan mesin partai hingga menguatkan konsolidasi hingga ke tingkat daerah.

Sementara itu, kehadiran Dewan Kopral yang mendukung Puan Maharani ini lantas menbuat sejumlah Relawan Ganjar pun bereaksi.

Namun, Ari menilai dengan semakin kompetitifnya antaranya Ganjar maupun Puan justru akan membuat konsolidasi di internal partai maupun konsolidasi di kalangan relawan akan semakin masif.

Kemudian ketika pada saatnya nanti Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk salah satu sosok baik dari internal partai maupun eksternal, maka tidak akan terjadi perpecahan.

“Ketika Jokowi dan Bu Mega, saya yakin enggak mungkin clash lah dia sepakat ngusung si a, bisa Puan, bisa Ganjar atau bisa nama ketiga, kelompok internal partai yang terkonsolidasi yang tadi untuk ngangkat Mbak Puan dan relawan ini akan bersatu,” ucap Ari.

Baca juga: Dewan Kopral Ganjar Segera Deklarasi, Lawan Dewan Kolonel Puan Maharani?

“Saya yakin gabung. Dan kekuatan yang luar biasa. Mesin partai dan juga gerbong relawan,” lanjut dia.

Seperti diketahui, Fraksi PDIP di DPR RI membentuk Dewan Kolonel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat