androidvodic.com

Pengamat: NasDem Harus Meyakinkan Pemilihnya Bahwa Anies Adalah Keputusan Rasional di Pilpres 2024 - News

Laporan Reporter News,  Reza Deni

News, JAKARTA - Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai dipilihnya Anies Baswedan sebagai capres Partai NasDem tak akan berdampak ke para pemilih.

Terutama para pemilih Joko Widodo yang juga memilih Partai NasDem.

Menurut Adi, NasDem sudah punya basis konstituen yang memang preferensi politiknya memilih NasDem.

"Itu artinya bahwa NasDem punya pemilih tradisional, punya pemilih loyal karena diletakkan kepada kerja-kerja politik oleh calegnya," kata dia dalam pesan yang diterima Tribunnews, Kamis (6/10/2022).

Jadi, dikatakan Adi, sekalipun NasDem memilih Anies sebagai capres, basis konstituen pemilihnya bisa dirawat secara solid.

"Karena memang benteng yang bisa mempertahankan basis pemilihnya itu adalah caleg, struktur partai, dan mesin politik NasDem," ujarnya.

Namun, Adi menyebut kini tinggal bagaimana cara NasDem meyakinkan para pemilihnya bahwa memilih Anies adalah keputusan politik yang rasional dan masuk akal dan menguntungkan NasDem di masa yang akan datang.

Pasalnya, Adi mengatakan bahwa selama ini Anies itu kan dikonotasi sebagai sosok di luar koalisi pemerintah hingga kelompok oposisi yang berhadap-hadapan.

"Tapi karena mesin politiknya para aktivis partai nasdem bisa meyakinkan basis pemilihnya saya kira pemilih itu sangat tergantung bagaimana para elite caleg dan mesin nasdem mengonsolidasi dan mepertahankan pemilih untuk tak pindah ke lain hati-hati," tandasnya.

Sebelumnya, Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh secara resmi mengumumkan Gubernur DKI Jakarta sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Baca juga: Usai Deklarasikan Anies Baswedan, Pengamat: NasDem akan Tancap Gas Naikkan Elektabilitas

Paloh mengatakan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu merupakan terbaik dari yang terbaik.

"Inilah mengapa akhirnya NasDem memilih sosok Anies Baswedan. Kami mempunyai keyakinan-keyakinan, pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro, sejalan dengan apa yg kami yakini," kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/9/2022).

Paloh meyakini Indonesia menjadi negara yang bermartabat jika Anies terpilih menjadi Presiden RI.

"Kami ingin menitipkan perjalanan bangsa ini ke depan bangsa ke depan, insya Allah jika saudara Anies Rasyid Baswedan terpilih jadi presiden nanti, pimpinlah bangsa ini jadi bangsa yang lebih bermartabat, bangsa yang mampu membentuk karakter daripada bangsa ini sejatinya," ujarnya.

Paloh mengungkapkan pembangunan bangsa Indonesia tidak hanya dilakukan melalui aspek fisik semata melainkan pembangunan karakter.

"Itu diperlukan dan akan kita perlukan yang tidak kalah lagi diperlukan adalah nation and character building membangun karakter bangsa," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat