androidvodic.com

Kenang Sosok Sabam Sirait, Menkumham: Kontribusinya untuk Perjuangan Bangsa Sangat Besar - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly mengenang kontribusi besar Almarhum Sabam Sirait bagi perjuangan bangsa Indonesia.

Semasa hidupnya, Yasonna menilai Sabam mampu mengambil peran secara maksimal bagi kemajuan demokrasi di Tanah Air.

Ungkapan Yasonna tersebut disampaikan pada agenda bertajuk “In Memoriam: Sabam Sirait di Mata Pemuda” yang diselenggarakan oleh Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI).

Baca juga: Sabam Sirait Dikenang Sebagai Pejuang Demokrasi dan Pelopor Pergerakan Kaum Buruh Masa Orde Baru

“Kontribusinya (Sabam) bagi perjuangan bangsa sangat besar. Mulai dari pada masa sebelum orde baru, kemudian masuk orde baru dan pada era reformasi,” ujar Yasonna melalui keterangan tertulis, Jumat (14/10/2022).

Yasonna juga mengenang bagaimana peran Sabam sebagai senior di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Menurutnya, Sabam memiliki andil besar bagi perjalanan panjang partai berlogo banteng dengan moncong putih tersebut.

“Era reformasi posisi Bang Sabam sangat sentral. Ikut serta di dalam PDI Perjuangan. Seorang deklarator partai yang ikut membangun partai PDI Perjuangan pada waktu itu bersama Ibu Megawati dan senior-senior lainnya," ungkap Yasonna.

Dirinya menuturkan bahwa sosok Sabam telah menghadirkan banyak inspirasi bagi perjalanan politiknya hingga saat ini.

Baginya, Sabam adalah figur guru sekaligus sahabat yang telah mengajarkan nilai-nilai hidup sekaligus bagaimana bersikap sebagai seorang negarawan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bang Sabam. Abang saya, sahabat saya, kolega saya yang telah mengajarkan saya nilai-nilai yang saya jadikan sebagai bagian filosofi dalam hidup saya dalam berpolitik,” tuturnya.

Baca juga: Di Diskusi Publik GMKI, LaNyalla: Sabam Sirait Literatur Demokrasi, HAM, Kebhinekaan dan Keadilan

Yasona pun mengajak khususnya kepada para pemuda agar mampu meneladani sosok serta nilai-nilai yang telah diajarkan dan dipraktikkan oleh Sabam semasa hidupnya.

Menurutnya Sabam adalah salah satu tokoh terbaik yang dimiliki Indonesia.

“Saya juga berharap adik-adik saya di GAMKI maupun GMKI maupun di PIKI teman-teman sejawat saya ikut meneladani tokoh hebat ini. Tokoh nasional, tokoh negarawan yang bukan hanya milik kita, bukan hanya milik GAMKI, bukan hanya milik GMKI, bukan hanya milik orang kristen. Tapi milik bangsa dan negara,” pungkas Yasonna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat