androidvodic.com

Janji Johanis Tanak usai Dilantik Jokowi Jadi Wakil Ketua KPK: Dorong Penanganan Perkara dengan Baik - News

News - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru, menggantikan Lili Pintauli Siregar, pada Jumat (28/10/2022).

Diketahui, Lili Pintauli Siregar sebelumnya memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Wakil Ketua KPK setelah ia tersandung kasus etik dugaan penerimaan gratifikasi berupa fasilitas mewah untuk menonton ajang MotoGP Mandalika.

Johanis mengaku agenda pertamanya sebagai Wakil Ketua KPK, adalah melakukan sosialisasi dengan rekan-rekan pimpinan, staf, dan jajaran pegawai KPK.

Hal itu dilakukan karena Johanis berharap agar ke depannya tercipta kebersamaan, sehingga tugas pemberantasan korupsi bisa dilakukan dengan baik.

"Hari pertama, tentunya sosialisasi dengan rekan-rekan pimpinan serta seluruh staf dan jajaran pegawai KPK," kata Johanis, Jumat (28/10/2022), dilansir Kompas.com..

Sebagai pimpinan KPK yang punya jejak karier di Kejaksaan, Johanis berjanji akan mendorong penanganan perkara dengan baik, benar, dan penuh rasa tanggung jawab.

Baca juga: Johanis Tanak, Wakil Ketua KPK Baru, Pernah Usulkan Restorative Justice bagi Koruptor

Selain itu, penindakan di KPK ini telah melekat dengan aturan yang berlaku dan fakta hukum yang berlaku, sehingga menurut Johanis fakta dan aturan harus sejalan.

"Fakta dan aturan itu harus serasi, sejalan, sehingga keadilan, kepastian hukum, itu benar-benar dapat diwujudkan nyatakan dalam pelaksanaan tugas ini," ujar Johanis.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, mengaku pimpinan KPK merasa beruntung dengan bergabungnya Johanis ke KPK.

Baca juga: Jadi Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak Punya Harta Rp 8,9 Miliar dan 4 Tanah

Pasalnya, latar belakang Johanis sebagai Jaksa ini membuatnya sangat memahami terkait penulisan surat dakwaan dan tuntutan.

Selain itu, bergabungnya Johanis juga membuat formasi pimpinan KPK kembali lengkap, setelah sebelumnya kosong karena Lili Pintauli Siregar mengundurkan diri.

"Kita, pimpinan sangat beruntung dengan bergabungnya Pak Tanak ini, lengkap nih sekarang pimpinan KPK," ujar Alex.

Baca juga: Komitmen Johanis Tanak Usai Dilantik Sebagai Wakil Ketua KPK

Presiden Jokowi Resmi Lantik Johanis Tanak Jadi Wakil Ketua KPK

Diwartakan News sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat