androidvodic.com

Ekshibisi NFT Kompas 'Mata Dasawarsa' Hadir di Pameran Seni Artopologi di Museum Nasional Jakarta - News

News, JAKARTA - Setelah hadir di Superlative Gallery Bali 19-25 Oktober 2022, ekshibisi NFT Kompas bertajuk “Mata Dasawarsa” menyambangi pameran seni Artopologi di Museum Nasional Jakarta.

Serupa dengan di Superlative Galery, Harian Kompas menyuguhkan karya pilihan NFT Kompas berupa arsip halaman muka dan foto-foto Harian Kompas.

Karya yang ditampilkan ini diseleksi kembali dari rilisan NFT Kompas bertajuk Narasi Fakta Terkurasi “Indonesia dalam 57 Peristiwa” dan Narasi Foto Terkurasi koleksi “Loka/Masa”.

Di pameran ini, pengunjung bisa mengoleksi NFT Kompas “Loka/Masa” dalam bentuk kartu pos.

Baca juga: Berkat Transformasi Digital, Pameran Seni Kini Terintegrasi Teknologi Blockchain

Jadi, saat membeli kartu pos, pengunjung juga mendapatkan karya itu dalam bentuk digital.

Selain kartu pos, pengunjung pameran juga bisa membeli merchandise terkait NFT dan mencoba pengalaman bermain dengan Oculus Rift.

"Melalui pameran ini, Harian Kompas berharap bisa membagikan memori kolektif tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi dari tahun 1965-2021, lewat berbagai bentuk rilisan NFT. Pameran ini juga diharapkan bisa semakin memberikan informasi mengenai apa itu NFT dan variasi pemanfaatannya untuk berbagai macam bentuk kreasi," ujar Project Lead NFT Kompas Helman Taofani.

Setelah hadir di Superlative Gallery Bali 19-25 Oktober 2022, ekshibisi NFT Kompas bertajuk “Mata Dasawarsa” menyambangi pameran seni Artopologi di Museum Nasional Jakarta. Serupa dengan di Superlative Galery, Harian Kompas menyuguhkan karya pilihan NFT Kompas berupa arsip halaman muka dan foto-foto Harian Kompas.
Setelah hadir di Superlative Gallery Bali 19-25 Oktober 2022, ekshibisi NFT Kompas bertajuk “Mata Dasawarsa” menyambangi pameran seni Artopologi di Museum Nasional Jakarta. Serupa dengan di Superlative Galery, Harian Kompas menyuguhkan karya pilihan NFT Kompas berupa arsip halaman muka dan foto-foto Harian Kompas. (Kompas)

Konsisten merawat jurnalisme berkualitas

Sejak Juni 2022, Harian Kompas terus menyebarkan semangat transformasi di era digital sekaligus merawat jurnalisme berkualitas dengan menghadirkan arsip-arsip jurnalistiknya dalam bentuk non-fungible token (NFT).

Lewat inisiatif ini, Harian Kompas juga ingin mengajak publik untuk menjadi bagian dari hal tersebut dengan membuka kesempatan untuk ikut mengoleksinya.

“Mata Dasawarsa” sendiri merupakan proyek lanjutan setelah rilisan perdana NFT Kompas yang bertajuk “Indonesia dalam 57 Peristiwa” dirilis pada 28 Juni 2022.

Rilisan perdana ini sudah seluruhnya terkoleksi.

"Indonesia dalam 57 Peristiwa" menyajikan 57 halaman muka Harian Kompas pilihan dari setiap tahunnya, sejak berdiri dari 1965 sampai 2021.

Proyek perdana ini dirilis dalam jaringan rantai blok Ethereum dan lokapasar NFT Opensea.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat