androidvodic.com

Cara Cek Penerima STB Gratis dengan NIK Melalui cekbantuanstb.kominfo.go.id - News

News - Simak cara mengecek penerima Set Top Box (STB) gratis.

Pemerintah telah mematikan siaran TV Analog atau analog switch off (ASO) dan menggantinya dengan siaran TV Digital pada Rabu, 2 November 2022.

Untuk itu, bagi pengguna TV Analog perlu memasang STB.

Dengan STB, sinyal analog dari antena di rumah akan diubah menjadi sinyal digital sehingga bisa menerima siaran TV Digital.

Harga STB di pasaran pun bervariatif, mulai dari Rp 150 ribu.

Pemerintah juga akan membagikan STB gratis kepada Rumah Tangga Miskin Ekstrem (RTM) yang nama dan alamatnya tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Baca juga: Cara Mudah Pasang STB ke TV Tabung: Merek Polytron, Tanaka, Advan, hingga Matrix

Dikutip dari kominfo.go.id, bantuan STB sebanyak 4,3 juta STB berasal dari komitmen Lembaga Penyiaran Swasta (Stasiun Televisi) penyelenggara Multipleksing (MUX).

Sampai dengan 3 November 2022, sebanyak 476.088 unit STB (99,3 persen) dari target 479.307 unit STB telah terdistribusikan kepada penerima bantuan di wilayah Jabodetabek.

Berikut cara mengecek penerima STB gratis:

1. Membuka situs cekbantuanstb.kominfo.go.id

2. Memasukkan NIK dan kode captcha pada kolom yang tersedia.

3. Klik tombol pencarian dan lihat hasilnya

Jika gagal akan muncul notifikasi 'Failed', bisa diartikan Anda tidak termasuk calon penerima bantuan STB.

Namun, jika Anda terdaftar dan termasuk calon penerima STB, Anda dapat menghubungi Call Center 159 atau mendatangi lokasi Posko Respons Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli.

Akses cekbantuanstb.kominfo.go.id untuk cek nama penerima STB gratis. Hanya untuk Rumah Tangga Miskin Ekstrem (RTM) yang tercantum di DTKS Kemensos.
Akses cekbantuanstb.kominfo.go.id untuk cek nama penerima STB gratis. Hanya untuk Rumah Tangga Miskin Ekstrem (RTM) yang tercantum di DTKS Kemensos. (Tangkap layar cekbantuanstb.kominfo.go.id)

Baca juga: Tanya Jawab Seputar Penghentian Siaran TV Analog Beralih TV Digital: Apakah Ada Bantuan STB?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat