androidvodic.com

9 Komisioner Mufakat Atnike Nova Sigiro Jadi Ketua, Berikut Jabatan 8 Anggota Komnas HAM Baru - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Sebanyak sembilan Komisioner Komnas HAM RI periode 2022-2027 melakukan musyawarah dan mencapai mufakat untuk menentukan susunan Pimpinan dan Koordinator Subkomisi dalam Sidang Paripurna perdana di kantor Komnas HAM RI Jakarta, Senin (14/11/2022).

Dalam musyawarah tersebut sebanyak sembilan Komisioner mencapai mufakat menjadikan Atnike Nova Sigiro sebagai Ketua Komnas HAM RI periode 2022-2027.

Nama Atnike sempat menjadi polemik karena sebelumnya telah diumumkan terlebih dulu oleh DPR sebagai Ketua.

Menjawab pertanyaan hal tersebut, Atnike mengatakan Komnas HAM adalah lembaga yang independen yang harus bisa bekerja sesuai fungsi dan mandatnya.

Komnas HAM, kata dia, membuat keputusan secara mandiri dengan pertimbangan-pertimbangan sebagaimana yang diatur undang-undang, baik terkait HAM maupun undang-undang yang mengatur mengenai Komnas HAM.

Baca juga: Kasus Munir Masuk dalam Prioritas 9 Komisioner Baru Komnas HAM

Namun demikian, kata dia, di dalam kerjanya Komnas HAM juga harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerjasama dengan lembaga negara lain.

"Terkait independensi, saya rasa silakan nanti dinilai, bagaimana hasil kerja komisioner yang baru ini nantinya dalam upaya-upaya pemajuan dan penegakan hak asasi manusia," kata Atnike saat konferensi pers di kantor Komnas HAM RI Jakarta pada Senin (14/11/2022).

"Kalau terkait proses pemilihan baik yang di DPR maupun yang di Paripurna kami sudah solid bahwa kami melalui musyawarah mufakat dengan prinsip kolektif kolegial kami akan melangkah bersama menjaga sikap independensi sekaligus bekerja secara efektif," sambung dia.

Baca juga: Wakil Ketua Komnas HAM 2017-2022 Ingatkan Independensi dan Pemilu Serentak 2024 Ke Komisioner Baru

Selain itu, dalam Sidang Paripurna perdana Komnas HAM dihasilkan juga keputusan mengenai struktur kepemimpinan Komnas HAM periode 2022-2027 sebagai berikut:

Wakil Ketua Internal: Pramono Ubaid Tanthowi

Wakil Ketua Eksternal: Abdul Haris Semendawai

Koordinator Subkomisi Penegakan HAM: Uli Parulian Sihombing

Komisioner Pengaduan: Hari Kurniawan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat