androidvodic.com

Soliditas Lulusan Arsitektur Diperlukan untuk Berbagai Proyek Pembangunan Negara - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Jika anda bertanya kepada seorang dokter dan ilmuwan terkait apa kontribusinya bagi masyarakat, maka jawabannya mungkin adalah bahwa 'karyanya' dapat menyembuhkan banyak penyakit.

Selanjutnya, jika anda mengajukan pertanyaan yang sama kepada seorang pengusaha, maka ia bisa saja menjawab bahwa pekerjaannya 'memungkinkan perekonomian menjadi berkembang'.

Lalu bagaimana dengan pengembang (developer), salah satu jenis pekerjaan bidang arsitektur?

Mungkin tampak sulit bagi kebanyakan orang untuk menjawab pertanyaan ini, bahkan sejumlah arsitek mungkin tidak tahu harus berkata apa saat dihadapkan pada pertanyaan satu ini.

Perlu diketahui, sama seperti desainer lainnya, hasil kerja deveoper itu konkret dan nyata, namun ironisnya banyak yang menganggap pekerjaan mereka tidak ada manfaatnya secara langsung bagi masyarakat.

Padahal proses desain yang dirancang seorang developer tidak hanya membuat sesuatu menjadi indah, namun juga menghubungkan desain bangunan dan  ruang publik dengan perkembangan suatu bangsa.

Dikutip dari laman www.archistudenthelp.com, Minggu (20/11/2022), saat membahas mengenai pekerjaan seorang developer, mereka memikirkan hal-hal yang lebih penting dalam skema besar, dibandingkan dengan hanya sekadar biaya dan angka.

Developer memikirkan bagaimana 'anda dapat menempati suatu bangunan dengan senyaman mungkin'.

Tidak hanya itu, mereka meyakini bahwa  saat anda tiba dan menempati bangunan tersebut, maka bangunan itu harus menjadi ruang yang paling kondusif dan nyaman bagi anda untuk melakukan berbagai aktivitas.

Developer biasanya mendukung anda dalam segala hal yang hendak dilakukan dalam suatu bangunan.

Tidak ada profesi lain yang jangkauan manfaatnya lebih luas melebihi developer, terutama karena tiap orang yang pernah memasuki suatu bangunan telah merasakan manfaat dari rancangan seorang developer.

Baca juga: Alumni Arsitektur Trisakti Hadirkan Pasar Produk Kreatif CraftArtARS

Profesi satu ini merupakan salah satu kekuatan besar yang 'memanusiakan hidup anda'.

Dalam pembangunan infrastruktur pada tiap negara, developer dapat meningkatkan fungsi berbagai fasilitas dan memberikan masyarakat alasan untuk bisa 'merenungkan, tersenyum, merayakan, atau membanggakan keindahan 'arsitektur negaranya'.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat