androidvodic.com

Hari Ini Evakuasi Skala Besar Korban Gempa Cianjur, Kerahkan Ratusan Relawan dan Helikopter - News

Laporan Wartawan Tribunajabar.id, Deanza Falevi

News, CIANJUR - Evakuasi berskala besar terhadap para korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, akan dilakukan mulai pagi ini, Selasa (22/11/2022) melibatkan ratusan relawan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan semua tim gabungan akan dikerahkan di kegiatan ini termasuk pengerahan helikpter.

Evakuasi berskala besar ini baru bisa dilakukan setelah tim gabungan melakukan pemetaan beserta berbagai alat berat telah didatangkan ke sejumlah titik gempa.

"Seluruh infrastruktur sudah datang. Evakuasi akan kami mulai Selasa (22/11) pagi, dengan beberapa helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang siap membantu," kata Ridwan Kamil saat konfrensi pers di Pendopo Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) malam.

Dia menyebutkan bahwa saat ini, telah ada ratusan relawan yang tiba di Kabupaten Cianjur untuk membantu proses evakuasi.

"Relawan tersebut terdiri dari petugas SAR, puluhan paramedis, 30 orang dokter bedah dengan peralatan medis seperti oksigen dan tenda yang memadai," ucapnya.

Pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu mengimbau kepada masyarakat untuk terus waspada dan tidak panik.

Baca juga: PUPR Mobilisasi Alat Berat, Jalan Cianjur-Cipanas Akan Bisa Dilintasi Lagi Siang Ini

"Gempa susulan tadi mungkin terasa walaupun kecil, tolong warga tetap waspada karena hal tersebut mungkin masih punya potensi terjadi di jam-jam berikut atau hari-hari berikut," ujar Kang Emil.

Baca juga: PLN dan Pemda Pulihkan Aliran Listrik di Cianjur Pasca Gempa

"Kepada warga yang tidak berkepentingan mohon tidak menjadikan lokasi kebencanaan sebagai tontonan. Biarkan para ahli relawan yang ditunjuk untuk bekerja secepat-cepatnya menyelamatkan kemanusiaan," tambahnya.

Penulis: Deanza Falevi | Sumber: Tribun Jabar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat