androidvodic.com

Rektor Universitas Islam Makassar Lima Tahun Hadirkan Mata Kuliah Satu SKS Pencak Silat Pagar Nusa  - News

Laporan Wartawan News Rahmat W. Nugraha

News, JAKARTA - Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Majdah M Zain mengatakan pihaknya telah membuat program mata kuliah Pencak Silat Pagar Nusa sejak lima tahun yang lalu.

"Jadi kami sejak lima tahun lalu menjadikan pencak silat Pagar Nusa menjadi mata kuliah. Bukan hanya kokurikuler tapi menjadi satu SKS nilainya sehingga wajib untuk semua mahasiswa," kata Majdah kepada News di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Kemudian dikatakan Majdah, Universitas Islam Makassar sudah menjadi kewajiban untuk mencetak kader-kader Pagar Nusa dari kampus.

"Jadi satu SKS itu setiap mahasiswa Jumat dan Sabtu mereka latihan khususnya mahasiswa baru latihan silat Pagar Nusa," sambungnya

Dikatakan Majdah bahwa UIM bukan hanya ingin mencetak SDM yang cerdas.

Tetapi ingin juga mahasiswa menjadi kuat bisa membentengi diri, bangsa dan para ulama. 

"Mereka diberikan penguatan penguatan ke NU-an. Bagaimana sebagai mahasiswa bisa menjadi kader-kader Pagar Nusa yang kuat dan mandiri yang bisa membela bangsa Indonesia," tambahnya.

Kemudian dikatakan Majdah semua mahasiswa antusias setiap Jumat dan Sabtu luar biasa ramainya mengikuti latihan pencak silat di kampus.

"Jadi pencak silat membangun karakter kedisiplinan, bertanggung jawab, bukan hanya sekedar jago tetapi juga mereka harus memiliki jiwa yang tawaduk," tutupnya.

Baca juga: Polri-Pagar Nusa Bakal Hadirkan Program Pencak Silat, Ada Jurus Silat Sesuai Kebutuhan Polri

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa, Gus Muchamad Nabil Haroen pada pembukaan Kongres Pagar Nusa di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Senin (5/12/2022).
Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa, Gus Muchamad Nabil Haroen pada pembukaan Kongres Pagar Nusa di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Senin (5/12/2022). (News/Rahmat W. Nugraha)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat