androidvodic.com

Kakorlantas: Jalur Pantai Selatan Tawarkan Pemandangan Alam yang Bagus untuk Pemudik - News

News, JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan jalur Pantai Selatan (Pansela) menawarkan pemandangan yang bagus bagi para pemudik.

Hal tersebut diungkapkan Kakorlantas saat melakukan peninjauan jalur mudik bersama Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno dan stakeholder.

Diketahui hari ini, Jumat (20/1/2022) Kakorlantas melanjutkan pengecekan jalur arus mudik rute pantai selatan atau pansela.

Pengecekan ini dalam rangka persiapan Operasi Ketupat 2023.

Dalam tinjauannya kali ini, Kakorlantas berserta rombongan sempat mengunjungi tempat wisata Karangpotong Ocean View di Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat yang berada di jalur Pansela.

Firman mengatakan jalur Pansela bisa dijadikan alternatif mudik untuk menikmati keindahan pemandangan alam.

"Kami tidak menggunakan pendekatan percepatan di sini untuk sampai di tujuan, tetapi lebih kepada menikmati jalur pantai selatan waktu yang direncanakan bisa tiba di tujuan masing-masing," ujar Firman, Jumat (20/1/2022).

Karena jalanan yang tidak begitu luas, Firman meminta pemudik yang akan melewati jalur ini untuk berhati-hati dan berkonsentrasi saat berkendara.

"Jalannya tidak begitu lebar,  masyarakat betul-betul harus waspada ketika sedang berpapasan dengan kendaraan lainnya itu penting artinya konsentrasi," ungkapnya.

Firman juga mengimbau kepada masyarakat setempat untuk tidak melakukan kegiatan yang akan menyebabkan kemacetan di jalan saat mudik lebaran nanti.

"Imbauan kepada masyarakat setempat yang jalurnya dilalui arus mudik, harapan kita tentunya tidak ada tambahan yang jadi faktor penghambat, contohnya kendaraan parkir yang dipinggir jalan kemudian pasar-pasar tumpah dipinggir jalan dan lainnya," jelas Firman.

Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengajak masyarakat yang akan melakukan mudik melewati jalur pansela selain untuk berwisata dan menikmati kuliner di sepanjang perjalanan sebelum sampai di kampung halaman.

"Bagi masyarakat yang lewat jalur selatan bisa mampir ke tempat-tempat wisata karena viewnya luar biasa," ujar Hendro.

Baca juga: Hadapi Arus Mudik Lebaran 2023, Ramai-ramai Perbaiki Jalur Pansela Urai Kepadatan di Jalan Tol

Rute peninjauan hari kedua dimulai dari Pelabuhan Ratu menuju Djampang Kulon, Jembatan Cibuni Sindangbarang, Cidaun, Jembatan Cilaki, Cikelet, Cilauteureun, Pameungpeuk, Sancang, Jembatan Cikaengan, Cipatujah, Cikalong, Sindangsari, Cijulang, Cikangkung, dan berakhir di Pangandaran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat