androidvodic.com

Wowon Cs Gunakan Sistem MLM untuk Kuras Harta Korban Penipuannya - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Polisi kembali mendapatkan temuan mengejutkan di rangkaian kasus pembunuhan berantai di Bekasi hingga Cianjur, Jawa Barat, yang melibatkan komplotan Wowon Erawan cs.

Polisi menyatakan, Wowon Erawan alias Aki dan komplotannya menggunakan sistem multi level marketing (MLM) dalam menjaring korban penipuan dengan modus bisa menggandakan kekayaan.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan nantinya, dari korban penipuan yang percaya akal busuk Wowon cs ini akan mengajak korban lainnya untuk dikuras harta kekayaannya.

"Sistemnya seperti MLM, mereka ada downline (garis turunan), dari Siti misal mengajak temannnya lagi untuk menggadakan uangnya," ujar Hengki dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta (24/1/2023).

Tak tanggung-tanggung, Hengki mengatakan sejauh ini sudah ada 11 orang yang merupakan tenaga kerja wanita (TKW) yang tertipu dengan kegiatan Wowon cs.

Mereka mengirimkan uangnya kepada tersangka M. Dede Solehudin melalui dua cara yakni dengan transfer maupun wesel.

"Ada dua jenis melalui rekening maupun melalui western union sejenis wesel yang bisa diambil di kantor pos, di kantor pegadaian," lanjutnya. 

Saat ini, para korban penipuan yang sudah teridentifikasi itu masih ada yang berada di luar negeri maupun yang sudah kembali ke Indonesia.

Sementara korban yang masih belum dapat dihubungi, penyidik akan melakukan penelusuran dengan mencari keluarga TKW yang ada di Indonesia. 

Baca juga: Komplotan Wowon Cs Incar Korban TKW, Polisi Temukan Pembukaan Rekening Sejak April 2019

"Beberapa orang sudah kembali ke indonesia, dan dalam perjalanan ke Polda Metro Jaya untuk kita ambil keterangan tiga orang, nah sisanya ini sedang kami cari," ucapnya.

Yakinkan Korban dengan Trik Gandakan Uang di Amplop

Polisi membeberkan cara Wowon Erawan alias Aki cs menjaring dan meyakinkan para korbannya yang merupakan tenaga kerja wanita (TKW) hingga percaya para tersangka bisa menggandakan kekayaan.

Trio tersangka pelaku pembunuhan berantai yang sangat keji di Cianjur dan Bekasi, Jawa Barat, yang menelan banyak korban meninggal dengan modus penipuan dan pembunuhan berencana. Dari kiri ke kanan: Solihin alias Duloh (63), Wowon Erawan alias Aki (60), dan M Dede Solehudin (35). Polisi sudah menahan ketiganya sejak pertengahan Januari 2023.
Trio tersangka pelaku pembunuhan berantai yang sangat keji di Cianjur dan Bekasi, Jawa Barat, yang menelan banyak korban meninggal dengan modus penipuan dan pembunuhan berencana. Dari kiri ke kanan: Solihin alias Duloh (63), Wowon Erawan alias Aki (60), dan M Dede Solehudin (35). Polisi sudah menahan ketiganya sejak pertengahan Januari 2023. (dok. Kompas.com)

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan para korban diperlihatkan jika tersangka Wowon menggandakan nominal uang di dalam amplop.

Baca juga: Halimah Istri Kelima Wowon Tewas Dibunuh Duloh, Keluarga Minta Misteri Kematiannya Diungkap

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat