androidvodic.com

Survei Algoritma Temukan Masih Banyak Publik Belum Tahu Hari Pencoblosan Pemilu - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Lembaga Riset dan Konsultansi Politik Algoritma mendapat temuan bahwa masih banyak publik yang belum mengetahui hari pencoblosan Pemilu 2024.

Berdasarkan hasil survei, tercatat sebanyak 75 persen masyarakat belum mengetahui hari pencoblosan Pemilu 2024.

“Sebanyak 75 persen responden menyatakan ketidaktahuan hari pencoblosan dalam Pemilu 2024 mendatang,” kata Direktur Eksekutif Algoritma Aditya Perdana dalam rilisnya, dikutip Selasa (31/1/2023).

Baca juga: ASN Tidak Netral saat Pemilu 2024, KASN: Bisa Dipecat

Sementara itu, sebanyak tercatat hanya sebanyak 8 persen responden yang mengerti dan menyebutkan dengan benar kapan pelaksanaan hari pemungutan suara yang akan digelar pada tanggal 14 Februari 2024 nanti. 

Kemudian 15,4 persen responden tahu dan menyebutkan bulan dengan benar, namun lupa terhadap tanggal pencoblosan. Dan sebanyak 1,7 persen publik enggan menjawab. 

Di sisi lain, Algoritma mencatat bahwa ada 93 persen responden akan menggunakan hak pilihnya pada hari pemilu nanti. 

Selanjutnya ada 4,3 persen responden masih ragu atau belum memutuskan hak pilihnya dan sebanyak 1,0 persen memilih golput.

Baca juga: KASN dan Bawaslu RI Kerja Sama Tekan Pelanggaran Netralitas ASN di Pemilu 2024

Menurut Aditya, besarnya antusiasme masyarakat ini menjadi pekerjaan rumah bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk lebih menggencarkan hari pencoblosan Pemilu 2024.

“Artinya, antusiasme pemilih relative tinggi dan perlu menjadi perhatian KPU RI untuk terus melakukan sosialisasi pelaksanaan pemilu secara intensif dalam beberapa bulan mendatang,” ucapnya.

Adapun hasil Survei Nasional dengan responden sebanyak 1.214 orang, margin of error (+/-) 3 persen, pengumpulan data dilakukan pada rentang waktu 19-30 Desember 2022 melalui wawancara tatap muka.

Baca juga: Mahfud MD dan Pimpinan MPR Bahas Persiapan Pemilu di DOB Baru Papua Hingga Normalisasi Keamanan

Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024

Putaran Pertama, Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024

1. Perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu: 14 Juni 2022-14 Juni 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat