androidvodic.com

Tak Lagi Ngotot, PKS Serahkan ke Anies Baswedan soal Cawapres - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyerahkan ke Anies Baswedan soal calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman mengatakan semua partai politik (parpol) di rencana Koalisi Perubahan berhak untuk mengajukan kadernya sebagai cawapres.

"Tapi pada akhirnya pemilihannya itu diserahkan kepada capres," kata Sohibul setelah menyatakan PKS mendukung Anies sebagai bakal capres 2024 di Gubug Makan Mang Engking Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (30/1/2023).

Namun, Sohibul memberikan catatan bahwa cawapres Anies harus bisa mendongkrak kemenangan.

"Jelas dari awal kami mengatakan selama cawapres yang dipilih itu mendongkrak kemenangan," ujarnya.

Baca juga: Ini Alasan PKS Nyatakan Dukung Anies Baswedan Sebagai Capres 2024

Ia juga memastikan jika PKS akan tetap bersama Partai Demokrat dan NasDem mengusung Anies, walaupun kadernya tak sebagai cawapres

"Siapapun dia tidak harus kader PKS, PKS tetap akan dalam koalisi ini," ungkapnya.

Adapun dalam kesempatan ini, Sohibul menyampaikan dukungan PKS ke Anies setelah bertemu Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) Majelis Syuro.

Kendati demikian, Sohibul menyatakan dukungan secara resmi akan disampaikan PKS pada 24 Februari mendatang.

"PKS akan menyampaikan eksplisit organisatoris untuk mendukung Bapak Anies Rasyid Baswedan pada Rapat Badan Majelis Syura PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2024,” ungkapnya.

Sohibul menuturkan melalui dukungan tersebut persyaratan presidential threshold (PT) 20 persen sebagai syarat pencalonan presiden sudah terpenuhi.

"PKS konsisten menjadi bagian dari partai pendukung Anies Baswedan sehingga koalisi memenuhi presidential threshhold 20 persen," ujarnya.

Sohibul menyatakan dukungan ini didampingi Jubir PKS Muhammad Kholid, Jubir PKS Pipin Sopian, Ketua DPP Al Muzammil Yusuf.

Kemudian, Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Kepala Bakomstra Herzaky Mahendra Putra, dan Sudirman Said selaku perwakilan Anies Baswedan di tim kecil rencana Koalisi Perubahan.

Sementara dari Partai NasDem yang dijadwalkan hadir yakni Ketua DPP Sugeng Suparwoto maupun Ketua DPP Willy Aditya berhalangan hadir

Sebelumnya, PKS diketahui mendorong kadernya mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) sebagai cawapres.

Demikian juga Partai Demokrat, mendukung Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres Anies.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat