androidvodic.com

Ini Alasan PKS Nyatakan Dukung Anies Baswedan Sebagai Capres 2024 - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengungkapkan alasan mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohamad Sohibul Iman mengatakan, berdasarkan musyawarah Majelis Syuro ketujuh pada Agustus 2022, terdapat 3 kriteria capres yang bakal diusung.

Sohibul menyebut saat itu diputuskan kriteria yang pertama adalah sosok simbol perubahan.

"Kenapa perubahan? Karena kita ingin melihat Indonesia lebih baik ke depan," kata Sohibul di Gubug Makan Mang Engking Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (30/1/2023).

Kriteria kedua, kata Sohibul adalah sosok nasionalis religius.

Baca juga: NasDem Tak Hadir saat PKS Nyatakan Dukung Anies Sebagai Capres, Ini Alasannya

"Dia seroang yang memang memiliki karakteristik di satu sisi sangat agamis tapi juga merupakan tokoh yang nasionalis," ujarnya.

Sohibul menuturkan sosok yang diusung harus memiliki elektabilitas berpeluang menang.

"Kami tidak memiliki istilah memiliki elektabilitas survei tertinggi karena dinamika hari ini tentu berbeda dengan dinamika pada saat 14 Februari 2024," ucapnya.

"Jadi yang penting dia kalau bisa disederhanakan masuk dalam tiga besar elektabilitas survei," sambung Sohibul.

Meski sudah menyatakan dukung Anies, Sohibul menegaskan dukungan secara resmi akan disampaikan PKS pada 24 Februari mendatang.

"PKS akan menyampaikan eksplisit organisatoris untuk mendukung Bapak Anies Rasyid Baswedan pada Rapat Badan Majelis Syura PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2024,” katanya.

Sohibul menuturkan melalui dukungan tersebut persyaratan presidential threshold (PT) 20 persen sebagai syarat pencalonan presiden sudah terpenuhi.

"PKS konsisten menjadi bagian dari partai pendukung Anies Baswedan sehingga koalisi memenuhi presidential threshhold 20 persen," ujarnya.

Sohibul menyatakan dukungan ini didampingi Jubir PKS Muhammad Kholid, Jubir PKS Pipin Sopian, Ketua DPP Al Muzammil Yusuf.

Kemudian, Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Kepala Bakomstra Herzaky Mahendra Putra, dan Sudirman Said selaku perwakilan Anies Baswedan.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat