androidvodic.com

Pengamat Menilai Tiga Menteri ini Bakal Kena Reshuffle Presiden Jokowi  - News

News, JAKARTA - Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo memperkirakan dalam waktu dekat Presiden Jokowi bakal melakukan Reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

"Perkiraan kami kemungkinannya (Reshuffle) antara 8 Maret atau 12 April. Keduanya ada di bulan Ramadhan," kata Ari Nurcahyo pada diskusi Maret bulan Reshuffle dan Koalisi Menuju Laga Pilpres di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Menurut Ari Nurcahyo keputusan reshuffle itu dikarenakan pertimbangan presiden pada konsolidasi pemerintahan dan politik menuju 2024.

"Jadi memang reshuffle ini memang terkait persoalan kinerja kabinet atau pemerintahan dalam arti konsolidasi pemerintahan dan juga dari konsolidasi politik untuk menuju 2024 itu menjadi dua hal yang akan menjadi pertimbangan utama presiden," jelasnya.

Ari Nurcahyo mengungkapkan posisi menteri pertama yang mungkin kena reshuffle yakni Menkominfo.

"Menurut kami yang pertama adalah Menkominfo. Kenapa? Karena memang Menkominfo itu pertama-tama persoalan hukum yang sekarang menjerat yang bersangkutan sudah diproses di dalam Kejaksaan Agung. Hal itu memang menjadi indikator dari Presiden bahwa itu akan mengganggu kinerja kementerian," tegasnya.

Baca juga: Tahu Pencairan Anggaran Proyek BTS 100 Persen, Menkominfo Johnny Plate Berpeluang Kembali Diperiksa

Direktur Eksekutif PARA Syndicate itu melanjutkan menteri kedua yang bakal kena reshuffle yaitu Menteri Pertanian.

"Karena memang persoalan hari ini bagaimana produk pertanian pernah di singgung juga soal alat-alat pertanian yang masih apa impor. Itu akan menjadi catatan penting dari Pak Jokowi," ungkapnya.

Terakhir menurut Ari Nurcahyo posisi menteri yang bakal kena reshuffle yakni Menpora.

Hal itu dikarenakan memang yang bersangkutan sudah mengajukan diri mundur dari jabatannya.

"Berikutnya Menpora karena memang sudah menyatakan mundur di depan presiden terkait jabatannya di PSSI. Untuk posisi Menpora rasanya tetap bersama Golkar. Atau saya menduga-duga isu sebelumnya Menpora pernah ditawarkan untuk Ketua Umum Demokrat. Jadi akan menjadi menarik misalnya reshuffle Menpora tidak ditempati posisi Golkar tapi dilepas untuk AHY," tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat