androidvodic.com

Tito Karnavian Rotasi Jabatan di Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh Tak Lagi Jabat Dirjen Dukcapil - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

News, JAKARTA - Jabatan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) tidak lagi diemban Zudan Arif Fakrulloh setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian merotasi pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Mendagri secara resmi melantik tiga pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) di kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Jabatan Dirjen Dukcapil saat ini diemban Teguh Setyabudi, sedangkan Zudan Arif Fakrulloh dilantik sebagai Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Selain Teguh dan Zudan, Tito Karnavian juga melantik Restuardy Daud menjadi Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Dirjen Bangda).

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 36/TPA Tahun 2023 tanggal 8 Maret 2023, dan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 37/TPA Tahun 2023 tanggal 8 Maret 2023.

Baca juga: Mendagri: Pemilu dan Pilkada 2024, Program Pemerintah Pusat dan Daerah Tetap Jalan

Dalam kata sambutan, Mendagri Tito percaya bahwa Pimpinan Tinggi Madya yang dilantik bakal melaksanakan tugas sebaik-baiknya.

"Saya percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," kata Mendagri.

Mendagri Tito mengucapkan terima kasih atas hasil baik yang telah dicapai pejabat sebelumnya, dan meminta pejabat pengganti agar terus berkinerja lebih baik lagi.

"Selalu saya katakan, petakan potensi-potensi yang tidak baik dan apa solusinya. Dunia sudah berubah (menjadi) lebih transparan. Di tengah perubahan itu. Kalau kita tidak cepat beradaptasi, kita akan terimbas," kata Tito Karnavian.

Baca juga: Mendagri Tito Ungkap Konsekuensi kalau Perppu Ditolak: Pemilu Bisa Ditunda

Tito mengatakan rotasi jabatan di Kemendagri dan BNPP ini, merupakan momentum pembenahan ke arah lebih baik.

Rotasi pejabat Eselon I di Kemendagri dan BNPP terlihat, seperti Prof. Zudan Arif Fakrulloh yang dilantik sebagai Sestama BNPP.

Menurutnya orang mengenalnya sebelumnya adalah Dirjen Dukcapil yang kaya akan gagasan baru dan inovasi.

Baca juga: Mendagri Tito Minta Aksi Pencegahan Korupsi Tak Hanya Seremoni, Harus Ada Follow Up dan Transparan

Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi yang baru sebelumnya menjabat Dirjen Bangda.

Jabatan yang ditinggalkan Teguh Setyabudi, diisi oleh Restuardy Daud yang sebelumnya menjabat Sekretaris BNPP.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat