androidvodic.com

Ketika Fraksi PKS Disindir Anggota DPR Lain karena Walk Out saat Tolak Pengesahan Perppu Cipta Kerja - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Seluruh anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memutuskan keluar atau walk out dalam rapat paripurna yang mengesahkan Perppu Cipta Kerja menjadi Undang-undang (UU).

Adapun walk out itu sebagai bentuk protes fraksi PKS terkait rapat paripurna pengesahan UU Cipta Kerja dalam rapat paripurna di DPR RI, Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Awalnya, perwakilan Anggota DPR RI dari fraksi PKS Bukhori menyampaikan interupsi dalam rapat paripurna tersebut.

Baca juga: Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Perppu Cipta Kerja Dihadiri 75 Anggota DPR secara Fisik

Dia ingin menyampaikan pandangannya sebelum pengesahan Perppu Cipta Kerja tersebut.

"Izin kami menyampaikan penegasan pandangan fraksi PKS terkait dengan perppu nomor 2 tahun 2022 sesuai dengan perintah konstitusi bagaimana perppu harus dibahas pada persidangan berikut yaitu persidangan yang terdekat sebagaimana diatur UU P3 dan tatib," ujar Bukhori dalam rapat paripurna.

Bukhori menuturkan bahwa protes ini sekaligus menghargai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan UU Ciptaker yang memerintahkan agar memperbaiki proses dalam penyusunan UU.

Selain itu, kata dia, MK memerintahkan agar adanya pelibatan seluruh stakeholder dan memperluas pendengaran dan pandangan dari seluruh masyarakat.

"Konsisten dari pandangan fraksi PKS yang telah memberikan catatan catatan kritis yang telah kami sampaikan di panja di badan legislasi dan juga pada pembahasan pembahasan ciptaker," sambungnya.

Lebih lanjuf, Bukhori menyampaikan bahwa pihaknya memutuskan untuk walk out dalam rapat paripurna sebagai bentuk protes dalam pengesahan Perppu Cipta Kerja tersebut.

Baca juga: DPR Gelar Rapat Paripurna Hari Ini, Satu Agendanya Pengambilan Keputusan Soal Perppu Cipta Kerja

"Maka dengan segala hormat kami fraksi PKS menolak Perppu nomor 2 tahun 2022 dan menyatakan walk out untuk agenda penetapan terhadap perppu nomor 2 tahun 2022 meskipun kami akan kembali lagi untuk agenda agenda yang lain," jelasnya.

Pernyataan itu pun diikuti oleh seluruh anggota DPR RI Fraksi PKS yang melakukan walk out dari rapat paripurna.

Mereka pun memberikan lambaian tangan kepada awak media maupun anggota DPR lain yang masih mengikuti rapat paripurna.

Lalu, sejumlh anggota DPR RI lainnya yang melihat itu pun meneriakkan sejumlah kata-kata agar seluruh anggota DPR fraksi PKS yang keluar dari rapat paripurna berhati-hati.

"Hati-hati ya," ujar sejumlah anggota DPR RI dalam rapat paripurna pengesahan Perppu Cipta Kerja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat