androidvodic.com

Lihat Potensi Luar Bisa Generasi Muda Papua, Presiden Jokowi Fasilitasi Lewat Peresmian Gedung PYCH - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua, Selasa (21/3/2023). 

Bersama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Plh. Gubernur Papua M. Ridwan Rumasukun, dan perwakilan PYCH, Simon Tabuni yang juga tokoh pemuda Papua, Jokowi menekan tombol peresmian

Sebelum peresmian, Jokowi sempat berbincang melalui video konferensi dengan anak-anak muda PYCH di sejumlah kota di Papua hingga Papua Barat. 

Baca juga: Presiden Jokowi Diberi Hadiah Jaket dari Anak Muda Papua

Jokowi juga menandatangani prasasti, melepas burung, dan menanam pohon sebagai bagian dari peresmian.

Dia juga mendatangi satu per satu bagian yang ada dalam gedung PYCH. Diajaknya berbincang para anak muda Papua yang dipercaya sebagai penanggung jawab setiap bagian yang ada di PYCH.

"Kenapa Papua Youth Creative Hub kita bangun, kita ingin memberikan kesempatan anak-anak muda yang memiliki kreativitas, inovasi, kenginan besar untuk bergerak di bidang fashion, industri kreatif, di bidang peternakan, perikanan, semuanya memiliki kesempatan, karena saya melihat peluang oppurtunity, kesempatan di tanah Papua masih sangat besar sekali," kata Jokowi dalam keterangan yang diterima.

Baca juga: Resmikan Papua Youth Creative Hub, Jokowi Sebut Anak Muda Daerah Lain Bisa Tertinggal dari Papua

"Dan ini diharapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan, memberikan peningkatan kemajuan kepada masyarakat Papua yang kita cintai," sambung Jokowi.

Jokowi menyatakan Indonesia akan menghadapi bonus demografi, termasuk di Papua

Sehingga dia bangga anak muda PYCH telah mempersiapkan diri dengan hal tersebut dengan pengembangan dirinya di bidang yang diminatinya.

"Kita tahu negara kita akan mengalami bonus demografi kurang lebih tahun 2035, sebagian besar penduduk Indonesia berusia produktif dan di Papua sendiri akan muncul 2,6 juta, atau kurang lebih 60 persen penduduk Papua dan Papua Barat," ujar Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan bahwa sudah banyak pembangunan yang dilakukan pemerintah di timur Indonesia khususnya di Papua, mulai dari infrastruktur, pendidikan, dan bantuan lainnya. 

Baca juga: Beri Pesan untuk Anak Muda Papua, Jokowi: Ini Perlu Wadah dan Kesempatan Kerja

Jokowi pun mengajak masyarakat untuk mengawasi dana yang disalurkan kepada Papua karena banyak. 

"Jadi, sekarang ini ingin saya sampaikan bahwa pembangunan di Indonesia bukan Jawa sentris, tetapi Indonesia sentris, dan tanah Papua menjadi prioritas," kata Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat