androidvodic.com

Wakil Presiden Ma'ruf Amin Minta Baznas Perbanyak Sertifikasi Kompetensi Amil Zakat - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memperbanyak sertifikasi kompetensi amil zakat untuk meningkatkan kerpercayaan muzaki atau pemberi zakat

"Sebagai komponen utama ekosistem zakat, sertifikasi ini akan menambah kepercayaan muzaki karena dana zakatnya dikelola oleh pihak yang profesional," ujar Ma'ruf dalam acara Baznas Award 2023 di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Penambahan sertifikasi kompetensi ini, dikatakaj Ma'ruf, adalah salah satu upaya mengembangkan strategi penguatan ekosistem zakat nasional.

Dia menilai potensi, kekuatan, dan tantangan dari setiap komponen ekosistem zakat harus dipetakan dengan saksama.

"Mulai dari aspek perencanaan, penghimpunan, penyaluran hingga akuntabilitas zakat, semua harus terus dikelola secara profesional dan amanah," kata Ma'ruf.

Ia melanjutkan, diperlukan pula komponen pendukung ekosistem zakat, seperti perbaikan regulasi dan tata kelola, peningkatan literasi, edukasi dan riset, optimalisasi saluran transaksi, kerja sama mitra bantuan, pemanfaatan data dan digitalisasi, serta penguatan asosiasi dan jejaring.

"Berbagai komponen penting dalam ekosistem zakat harus terus dikelola dengan baik dan dikembangkan, agar potensi zakat yang luar biasa dapat tergali secara optimal," pungkas Ma'ruf.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat