androidvodic.com

Survei LSI Terbaru: Tren Elektabilitas Partai Politik Cenderung Turun Setahun Terakhir - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) terbaru menunjukkan tren elektabilitas partai yang cenderung menurun selama hampir setahun terakhir.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia Djayadi Hanan mengatakan elektabilitas sejumlah partai cenderung turun terhitung mulai dari Juli 2022 sampai April 2023.

Hal tersebut disampaikannya dalam Rilis Temuan Survei Nasional LSI: "Kepercayaan Publik terhadap Lembaga Penegak Hukum, Isu Piala Dunia U-20, Aliran Dana Tak Wajar di Kemenkeu, Dugaan Korupsi BTS, dan Peta Politik Terkini" di kanal Youtube: Lembaga Survei Indonesia pada Minggu (9/4/2023).

Baca juga: DPR dan Partai Politik Jadi Lembaga Paling Rendah Tingkat Kepercayaannya Versi Survei LSI Terbaru

"PDIP misalnya pada Januari 2023 lalu di survei LSI masih 22 persen (21,9%) turun menjadi sekitar 19% pada Februari 2023, turun lagi menjadi 17,7% pada April 2023," kata Djayadi.

"Yang lain cenderung stabil atau sedikit mengalami penurunan. Baik itu Golkar, PKB, Demokrat, PPP, maupun PAN," sambung dia.

Namun demikian, kata dia, khusus untuk Gerindra elektabilitasnya cenderung stabil selama hampir setahun terakhir.

Baca juga: Survei Terbaru LSI: Elektabilitas PDIP Teratas, Disusul Gerindra dan Golkar

"Khusus untuk Gerindra tampak cenderung stabil selama hampir setahun terakhir. 12,1% pada Juli 2022. 12,8% pada April 2023. Dibandingkan pada Februari (2023) lalu Gerindra sedikit mengalami perbaikan dari 10% atau 11% menjadi 12,8%," kata dia.

Hal serupa, kata dia, juga terjadi pada PKS.

"PKS dibandingkan dengan Februari 2023 sama dengan Gerindra cenderung mengalami sedikit perbaikan," sambung dia.

Metodologi

Survei dilakukan pada 31 Maret sampai 4 April 2023.

Target populasi survei adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon atau ponsel yakni 83% dari total populasi nasional.

Baca juga: Golkar Tidak Khawatir Elektabilitas Airlangga Masih Rendah

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) yang merupakan teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD, sampel sebanyak 1229 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi dan screening.

Margin of Error survei diperkirakan kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95% dengan asumsi simple random sampling.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat