androidvodic.com

Jurnalis di Media Center Haji di Makaah Diminta Kompak, Saling Membantu dan Support - News

Laporan Wartawan Surya Galih Lintartika

News, JAKARTA - Kementrian Agama memberi perhatian pada 60 jurnalis yang bertugas di tanah suci Makkah nanti.

Staf khusus Kemenag, Wibowo Prasetyo memberikan arahan khusus jurnalis yang tergabung Media Center Haji (MCH) 2023, Selasa (11/4/2023) malam.

Pria yang akrab disapa Gus Bowo ini meminta para petugas di MCH tetap kompak, saling membantu, saling mengingatkan dan saling support antara wartawan televisi, cetak, online dan radio selama bertugas di Arab Saudi.

"Teman-teman jurnalis ini berangkat sebagai petugas pelayan jamaah haji para tamu Allah.

Bukan liputan saja, karena itu sampingannya. Pelayan tamu Allah itu utama dan bonusnya ibadah haji," ungkapnya.

Pengendali teknis MCH 2023 di Arab Saudi itu menyebut, liputan di Arab Saudi tidak seperti liputan di Indonesia.

Baca juga: Jurnalis Jepang Investigasi Perdagangan WNI di Kamboja

Di sana, jurnalis tidak bisa kerja sendiri karena memang tantangannya berbeda seperti liputan di tanah air.

“Mulai kultur dan budayanya beda. Terus tidak sembarangan bisa ambil gambar di sana, belum lagi tantangan cuaca yang saya kira suhu di sana bisa sampai 50 derajat Celcius. Jadi harus kerjasama,” sambungnya.

Menurut Gus Bowo, wartawan yang tergabung dalam MCH 2023 akan dibagi dalam tiga daerah kerja sebagai wilayah kerja. Pertama daker Madinah, Makkah dan terakhir wilayah Bandara (Jeddah dan Madinah).

"Saling dukung, saling bantu, wilayah liputan masing-masing, makanya dibutuhkan komunikasi yang intens. Maka dari itu, mulai sekarang bangun kekompakan dan kerjasama untuk mensukseskan haji tahun ini,” urainya.

Di sisi lain, Gus Bowo juga mengingatkan para wartawan untuk memahami manasik haji. "Manasik haji tolong dikuasai, dipahami, agar ibadah hajinya juga mabrur, agar ibadahnya juga benar," tambahnya.

Terakhir, ia mengingatkan para jurnalis untuk menjaga kesehatan fisiknya. Haji itu ibadah fisik, jadi perlu dijaga kebugaran tubuhnya. Mulai sekarang berlatih jalan atau lari - lari kecil untuk mempersiapkan fisiknya

"Jaga kesehatan, jaga fisik, banyak minum vitamin, apalagi haji tahun ini sangat panas, persiapan fisik wajib dijaga, masker juga masih diperlukan, untuk menghindari debu, panas, saat bertugas,” jelasnya.

Untuk menambah kemampuan teknis dan persiapan peliputan haji, tim MCH 2023 direncakan akan mengikuti bimtek khusus awal Mei 2023. Harapannya, informasi yang disajikan dari Arab Saudi bisa bermanfaat. 

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul Staf Khusus Kemenag Beri Pesan Untuk Jurnalis Liputan Haji, Jaga Kekompakan dan Jaga Kesehatan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat