androidvodic.com

Bajing Loncat Resahkan Pemudik, Kapolda Banten Beri Perintah Tembak di Tempat - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Polda Banten menyampaikan akan menembak langsung pelaku bajing loncat, di wilayah Provinsi Banten.

Diketahui, bajing loncat sempat meresahkan pemudik Lebaran 2023, yang mengarah ke Pelabuhan Ciwandan, Banten, beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Didik Heriyanto mengatakan, hal tersebut merupakan instruksi Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho.

Didik menuturkan, bajing loncat termasuk street crime yang tidak hanya membahayakan jiwa masyarakat, tapi juga personel yang bertugas di lapangan.

"Maka untuk menghentikan bahaya yang ditimbulkan itu, diperintahkan jajarannya untuk berani bertindak tegas dan terukur atau tembak di tempat," kata Didik, dalam keterangan pers tertulis, Senin (17/4/2023).

Didik melanjutkan, hal itu disampaikan Kapolda Banten saat melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2023.

Baca juga: Marak Aksi Bajing Loncat Sasar Truk Logistik di Ciwandan Cilegon Banten

"Personel jangan ragu gunakan senjata api yang dimiliki guna menghentikan ancaman yang membahayakan keselamatan masyarakat dan personel sendiri," ucapnya.

Menurutnya, penggunaan senjata api oleh personel kepolisian dapat direalisasikan untuk melindungi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

"Sepanjang kita pedomani Perkap tersebut personel Polda Banten tidak perlu takut selagi dalam rangka melaksanakan tugas," ungkapnya.

"Petugas kepolisian juga dilindungi UU yaitu Pasal 50 KUHP," sambungnya.

Sebagai informasi, aksi bajing loncat terjadi di Jalan Lingkar Selatan, Banten, beberapa waktu lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat