androidvodic.com

Kapolda Banten Tinjau 2 Pelabuhan Jelang Puncak Arus Mudik: Antrean Ciwandan Berkurang, Merak Lancar - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz 

News, BANTEN - Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho meninjau langsung situasi mudik di sejumlah pelabuhan yang dijadikan tempat keberangkatan para pemudik. 

Rudy meninjau langsung dua pelabuhan yang menjadi tempat keberangkatan, yaitu Merak dan Ciwandan. 

Ia mengatakan, kepadatan di Pelabuhan Ciwandan, tepatnya di Jalan Lingkar Selatan (JLS) kini sudah tidak ada lagi. 

Diketahui, pada Minggu (16/4/2023) lalu, terjadi kepadatan lalu lintas di sepanjang Jalan Nasional III sampai dengan Jalan Lingkar Selatan (JLS), Cilegon. 

"Kita sudah beberapa kali turun langsung lapangan, khususnya ke Ciwandan dan Merak karena yang menjadi perhatian dari kami semua," kata Rudy di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (17/4/2023).

"Alhamdulillah sejak pagi tadi, sibuk itu antrean yang mau naik kapal, yang di Ciwandan sudah kosong. Sudah enggak ada lagi antrean yang ada di JLS," ujarnya melanjutkan. 

Baca juga: Pemerintah Larang ASN Pakai Kendaraan Dinas untuk Mudik Lebaran 2023

Ia menyebut sempat terjadi antrean di dalam Pelabuhan Ciwandan. Namun, kondisinya sudah banyak berkurang. 

"Antrean masih ada di dalam pelabuhan Ciwandan. Tadi sudah kami cek lagi, antrean di dalam Pelabuhan Ciwandan juga sudah banyak berkurang," kata Rudy. 

Sedangkan untuk di Pelabuhan Merak, Rudy mengatakan antrean kendaraan dalam kondisi lancar dan tak berkendala. Jadwal kapal juga tak ada lagi perubahan. 

"Sedangkan yang ada di Merak untuk antrean kendaraan pribadi dan bus, bisa kita lihat semua, di sini lancar tak berkendala. Jadwal kapal juga sudah tidak ada perubahan. Kemudian bongkar muat juga dilaksanakan dengan cara yang efektif sehingga hal itu bisa mengurangi lamanya antrean," ujar Rudy. 

Tinjauan langsung ini juga merupakan upaya pihaknya mengantisipasi tanggal-tanggal yang diprediksi akan menjadi puncak mudik Lebaran tahun ini. 

"Makanya kami datang kemari untuk antisipasi besok. Kita sama-sama berdoa, mudah-mudahan besok dan seterusnya, tanggal 18 19 20, yang itu menjadi atensi termasuk yang tanggal 21, mudah-mudahan bisa kita layani masyarakatnya yang akan mudik dan menyebrang ke Lampung," kata Rudy. 

Sebagai informasi, pengendara roda 2 dapat menyeberang dengan menempuh rute Ciwandan-Bakauheni pada tanggal 15-21 April 2023 ditambah rute Ciwandan-Panjang untuk tanggal 19-21 April 2023.

Baca juga: Mudik Gratis Kemenhub, Hampir Dua Ribu Orang Diberangkatkan Naik Kapal KM. Dobonsolo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat