androidvodic.com

Prima: Verifikasi Diintervensi Kekuatan Politik Besar Supaya Tak Lolos Jadi Parpol Peserta Pemilu - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) merasa ada banyak sekali upaya yang dilakukan supaya partai yang diketuai oleh Agus Jabo Priyono ini tidak lolos menjadi partai politik (parpol) Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan oleh Agus dalam konferensi persnya di Kantor DPP Prima, Jakarta, Selasa (18/4/2023).

"Kita sampai sekarang sebenarnya juga belum paham, kemudian terasa sekali ya, terasa sekali usaha-usaha penjegalan terhadap Partai Prima itu ada," jelas Agus.

Agus bahkan mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bertindak tidak independen dan terindikasi telah diintervensi oleh kekuatan politik besar dalam proses verifikasi.

"KPU telah bertindak tidak independen dan terindikasi telah diintervensi oleh kekuatan politik besar tertentu yang ingin menjegal Prima agar tidak menjadi partai politik peserta Pemilu 2024," tutur Agus.

"Indikasi ini diperkuat dengan adanya permintaan dari sejumlah pihak, baik secara implisit maupun eksplisit, agar Prima tidak diloloskan dalam verifikasi faktual dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR RI dengan KPU, Bawaslu, DKPP, dan Kemendagri," sambungnya.

Agus pun membeberkan, dalam proses verifikasi, partainya mengalami banyak intervensi dan intimidasi dari banyak pihak terhadap pengurus dan anggota Prima.

Baca juga: Respons PRIMA Sikapi Pernyataan Parsindo Sebut Putusan Bawaslu Tak Sah

Seperti halnya adanya ancaman kepada anggota Prima yang tidak akan menerima bantuan sosial apabila mengaku sebagai anggota Prima dalam verifikasi faktual.

Kemudian meminta pengurus Prima mengundurkan diri sebagai jaminan pasangan tidak dipecat dari pekerjaannya sebagai perangkat desa.

"Menyampaikan ujaran yang mendiskreditkan atau informasi sesat tentang Prima dihadapan anggota yang akan diverifikasi," jelas Jabo.

Sebagai informasi KPU melakukan verfak terhadap Prima tingkat pusat dan provinsi pada tanggal 1 hingga 2 April 2023. Sedangkan verfak tingkat kabupaten/kota pada tanggal 1 hingga 4 April 2023.

Penyampaian hasil verfak KPU kabupaten/kota tanggal 4 April 2023.

Dilanjutkan rekapitulasi hasil verfak di tingkat provini serta penyampaian hasi rekapitulasi oleh KPU Provinsi kepada KPU RI dilanjutkan 5 April 2023.

Serta penyampaian rekapitulasi verfak oleh KPU kepada Prima tranggal 6 April 2023.

Setelah itu Prima mendapat kesempatan perbaikan verfak dari tanggal 7 hingga 14 April 2023.

Untuk hasil rekapitulasi nasional verfak Prima sekaligus pengumuman apakah Prima lolos menjadi peserta Pemilu 2024 adalah 21 April 2023 mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat