androidvodic.com

Begini Cara Menjawab Taqabbalallahu Minna Wa Minkum saat Lebaran Idul Fitri 2023 - News

News - Begini cara menjawab ucapan taqabbalallahu minna wa minkum saat lebaran Idul Fitri 2023.

Banyak umat Islam yang sering mengucapkan kalimat taqabbalallahu minna wa minkum saat lebaran Idul Fitri 2023.

Lantas, bagaimana cara menjawab ucapan taqabbalallahu minna wa minkum saat lebaran Idul Fitri?

Ketika seseorang mengucapkan ‘Taqabbalallahu Minna Wa Minkum’, maka selayaknya kita juga menjawab dengan doa yang sama yaitu ‘Taqabbalallahu Minna Wa Minkum’.

Dikutip dari TribunnewsWIKI, Tgk Mulyadi Nurdin Lc MH, dosen Kampus IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, menjelaskan bahwa jawaban tersebut sesuai riwayat sahabat dan salafush shalih.

Riwayat dari Habib bin Umar Al Anshari, di mana ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah,“Taqabbalallahu minna wa minkum,

Baca juga: Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang Benar, Beserta Cara Menjawabnya

Watsilah menjawab, “ Taqabbalallahu minna wa minkum .” (HR. Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir).

Sementara dalam Sunan Al-Kubra, lanjut Mulyadi Nurdin, Imam Baihaqi menulis: “Khalid bin Ma’dan berkata, aku berjumpa Watsilah bin Asqa’ pada hari Id, lalu aku berkata: Taqabballahu minna waminka’, ia (Watsilah) menjawab; na’am, Taqabbalallahu minna waminka.

Kemudian Watsilah berkata, aku pernah jumpa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasssalam pada hari Id, dan berkata (kepada Rasulullah):

‘ Taqabballahu minna waminka’, lalu Nabi menjawab: ‘na’am, Taqabbalallahu minna waminka’.”

Selain itu, dari Syu’bah bin Al-Hajjaj, beliau berkata, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama.” (HR. Ad-Daruquthni dalam Ad Du’a).

Jawaban yang dicontohkan oleh Rasulullah dan para sahabat tersebut, kata Mulyadi, sesuai dengan tuntunan Allah dalam AlQuran Karim.

“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal.” (QS. An Nisa’: 86).

Mengutip dari penjelasan Ustaz Tajul Muluk selaku Pakar Fiqh ketika menerangkan arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum dalam program Tanya Ustaz di kanal YouTube News.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat