androidvodic.com

Daftar Negara yang Merayakan Idul Fitri 2023 Pada Sabtu 22 April 2023, Ada India hingga Australia - News

News, NEW DELHI – Perayaan Hari Idulfitri menjadi momen yang paling dinanti-nantikan masyarakat muslim dunia, namun penentuan tanggal Hari Raya Idul Fitri di tahun ini ternyata bervariasi, tergantung pada penampakan bulan di setiap negara.

Penentuan Hari Raya Idul Fitri biasanya dirilis setelah hilal menunjukan penampakan di ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat, dikutip dari Live Mint.

Di India, Organisasi ulama Islam New Delhi yang dikenal dengan nama Jamiat Ulama-e-Hind menetapkan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu (22/4/2023).

Baca juga: Warga Muhammadiyah Depok Salat Id Hari Ini, Tema Khutbah: 3 Ciri Orang yang Kembali pada Fitrah

Pengumuman tersebut dirilis setelah Presiden Liga Muslim India (IUML) Sayyid Sadiq Ali Shihab Thangal mengatakan bahwa bulan sabit Syawal tidak terlihat pada pantauan hilal di hari Kamis (20/4/2023).

Alasan tersebut yang membuat umat muslim India mengundur perayaan Idul Fitri pada Sabtu besok. Sebagai informasi Komunitas Muslim di India sendiri saat ini sudah ada sekitar 13 persen dari 1,35 miliar penduduk.

Meski jumlah tersebut tak sebanyak negara – negara mayoritas muslim lainnya, namun hal itu tak menyurutkan antusias masyarakat islam di India dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Hal ini dibuktikan dengan digelarnya berbagai jenis bazar makanan seperti sheer kurma, tak hanya itu para perempuan muslim India juga akan merias tangan mereka menggunakan pacar, serta menggunakan baju adat untuk menyambut tamu-tamu yang hendak datang bersilaturahmi.

Sama seperti India, sejumlah negara dilaporkan turut menjatuhkan tanggal perayaan Hari Raya Idul Fitri pada Sabtu besok, berikut daftar negara yang yang merayakan lebaran 2023 di tanggal 22 April :

1. Malaysia

Penjaga Stempel Penguasa Tan Sri Syed Danial Syed Ahmad mengumumkan Idul Fitri di Malaysia jatuh pada Sabtu.

"Sesuai dengan perintah Yang di-Pertuan Agong, setelah persetujuan dari Penguasa, saya dengan ini menyatakan bahwa Hari Raya negara bagian di Malaysia telah ditetapkan pada hari Sabtu, 22 April 2023," kata Syed Danial, dikutip dari The Star.

Baca juga: Ratusan Umat Islam Salat Id di Masjid Baitul Izzah, Khatib Ajak Teladani Tokoh Pendiri Bangsa

2. Indonesia

Pemerintah Indonesia menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah atau hari raya Idul Fitri jatuh pada 22 April 2023. Ketetapan itu dikeluarkan berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) pada Kamis (20/4/2023).

"Sidang isbat secara bulat menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023," ujar Menag dalam konferensi pers, dikutip dari laman Kemenag.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat