androidvodic.com

PBNU Apresiasi Kinerja Kepolisian dalam Mengatasi Arus Mudik Idul Fitri 2023 - News

News - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengapresiasi kepolisian dalam menangani lalu lintas arus mudik Lebaran tahun ini.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PBNU, Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Gus Ipul mengatakan bahwa kepolisian berhasil mengantisipasi dalam menangani dan memberi panduan kepada para pemudik Lebaran 2023.

"Arus mudik tahun ini relatif lancar. Kami mengapresiasi kerja keras Pak Kapolri dan Jajaran karena telah mengantisipasi dan memberikan panduan yang baik bagi pemudik," ungkap Gus Ipul.

Ia pun menyebut kepolisian telah memberikan contoh atau panduan untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi selama arus mudik.

"Polisi telah memberikan well informed sehingga tahu kapan mereka harus mudik, jam berapa harus berangkat dan sebagainya," ujarnya.

Baca juga: Polri Catat Ada 365 Kecelakaan Saat Arus Mudik Lebaran 2023, Pemudik Motor Mendominasi

Wali Kota Pasuruan itu juga memberi pesan kepada para pemudik untuk merencanakan perjalanan sesuai waktu yang baik dan tepat untuk melakukan perjalanan pada arus balik nanti.

"Sekarang bagaimana masyarakat mulai sadar merencanakan perjalanan khususnya untuk arus balik nanti."

"Carilah informasi terkini dari sumber resmi termasuk dari Polri jadi bisa tau kapan sebaiknya melakukan perjalanan balik," katanya.

Sementara pengamat transportasi Institut Teknologi bandung (ITB), Sony Sulaksono Wibowo menyebut kepolisian dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah melakukan antisipasi pengaturan lalu lintas arus Lebaran Idul Fitri 2023.

Arus mudik di jalan tol juga dikatakan tidak ada masalah terkait arus lalu lintas para pemudik.

"Antisipasi (arus mudik) di jalan tol sudah cukup banyak dilakukan kepolisian dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dan saya kira enggak ada masalah karena di jalan tol paling (masalah) di rest area dan gerbang tol," kata Sony.

Baca juga: Pertamina: Stok BBM Aman, Arus Mudik Tertangani Dengan Baik

Pengamat transportasi itu pun mengatakan kepolisian dan Kemenhub harus menjaga keselamatan para pemudik selama arus mudik Lebaran 2023.

"Yang perlu polisi dan Kementerian Perhubungan jaga di jalan tol (adalah) keselamatan saja karena sudah macet, lancar, macet, lancar, orang biasanya responsnya akan lebih lambat. Itu saja yang penting di jalan tol," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat