androidvodic.com

Isi Pidato Nadiem Makarim di Peringatan Hardiknas 2023: Banyak Perubahan Besar Terjadi di Indonesia - News

News - Berikut isi pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa (2/5/2023).

Dalam pidatonya, Nadiem Makarim menyebut selama tiga tahun terakhir terjadi perubahan dari ujung barat sampai timur Indonesia.

"Saudara saudariku sebangsa dan setanah air selama tiga tahun terakhir perubahan besar terjadi di sekitar kita di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia," ujarnya, dikutip dari YouTube Kemendikbud RI, Selasa (2/5/2023).

Menurut Nadiem, program Merdeka Belajar membawa pendidikan Indonesia ke cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara.

"Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara," ujarnya.

"Yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat," imbuhnya.

Baca juga: Peringati Hardiknas, Nadiem: Mahasiswa Kini Bisa Melanglang Buana Cari Pengalaman di Luar Kampus

Menurut Nadiem Makarim, anak-anak di Indonesia bisa belajar lebih tenang karena aktifitas pembelajaran mereka dinilai lebih holistik oleh gurunya sendiri.

Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan laporan perbaikan kualitas pendidikan.

Dia menambahkan, saat ini para guru sedang berlomba-lomba berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform Merdeka Mengajar.

"Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka," imbuhnya.

Nadiem mengatakan, hal itu sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi.

Dia menambahkan, seleksi masuk perguruan tinggi pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

"Pada jenjang perguruan tinggi, adek-adek mahasiswa yang dulu hanya belajar teori dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program kampus merdeka," terangnya.

Dia mengatakan, dari segi pendanaan, pencairan langsung Dana Operasional Sekolah (BOS) dan bantuan operasional pendidikan ke sekolah dan pemanfaatan yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

"Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan ke pendidikan jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka," jelas Nadiem Makarim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat