androidvodic.com

Polda Metro Jaya Terjunkan Tim ke Lampung Cari Tahu Latarbelakang Pelaku Penyerangan Kantor MUI - News

News, JAKARTA - Pelaku penyerangan kantor MUI di Jakarta Pusat meninggal dunia di Puskesmas Menteng pada Selasa (2/5/2023).

Perihal kasus penembakan ini, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menyebut pihaknya akan mendalami profil dari pelaku penyerangan yang diketahui berinisial M (60).

Tim Polda Metro Jaya akan bergerak ke Lampung dan berkoordinasi dengan Polda Lampung mengingat berdasarkan KTP yang ditemukan di lokasi, pelaku berdomisili di Sukajaya, Lampung.

"Namun ini semua belum bisa kita dapatkan profil yang bersangkutan. Kami akan koordinasi dengan Polda Lampung karena yang bersangkutan ber KTP domisili Lampung. Anggota kami akan segera ke Lampung akan berkoordinasi bagaimana latar belakang tersangka ini," kata Karyoto dalam tayangan Kompas TV, Selasa.

Adapun perihal keterkaitannya dengan jaringan terorisme, Polda Metro Jaya juga akan berkoordinasi dengan Densus 88 guna mencari informasi apakah yang bersangkutan masuk dalam jaringan atau tidak.

"Sementara kita dalami keterkaitan, kami juga akan koordinasi dengan orang Densus apakah orang ini ada dalam jaringan atau tidak, kami tidak berani menyimpulkan sekarang," katanya.

Berdasarkan hasil kesimpulan sementara, pelaku didapati menggunakan airsoft gun. Hal ini terlihat dari foto senjata dari Kapolres Jakarta Pusat, serta adanya butiran-butiran pengisi peluru atau gotri kecil.

Namun untuk lebih detail mengenai senjata yang digunakan pelaku tersebut, Polda Metro Jaya akan meminta Labfor Metalurgi untuk menganalisis jenis senjata dimaksud.

"Tapi yang jelas yang bersangkutan tadi menembakkan jenis senjata tadi yang saya sebut dan melukai salah satu pengamanan di dalam," jelas dia.

Diketahui kejadian penembakan terjadi di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta pada Selasa (2/5/2023).

Aksi penembakan itu viral di media sosial salah satunya diunggah akun Twitter @facialwashh. Terlihat pintu kaca kantor MUI yang pecah dan serpihan kaca pun berserakan.

Di foto lainnya diperlihatkan senjata api yang diduga milik pelaku. Disebutkan pula pelaku penembakan sudah dibekuk. Akibat penembakan tersebut, beberapa staf MUI mengalami luka-luka.

Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas mengatakan pelaku penembakan di kantor MUI berasal dari Lampung mengaku sebagai nabi. Pelaku juga mendesak agar segera ditemui dengan Ketua MUI.

Baca juga: Polisi Benarkan Pelaku Penembakan di Kantor MUI Merupakan Warga Pesawaran Lampung

Anwar menjelaskan pelaku yang bersangkutan diketahui sebelumnya sudah 2 kali menyambangi kantor MUI. Sedangkan kedatangannya hari ini merupakan kali ketiga pelaku datang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat