androidvodic.com

Pengamat Soroti Seringnya Pimpinan Kodam XVII Cenderawasih Diganti dalam 3 Tahun Terakhir - News

News, JAKARTA - Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) sekaligus pengamat militer Anton Aliabbas menyoroti seringnya pimpinan Kodam XVII Cenderawasih diganti dalam tiga tahun terakhir.

Anton menilai hal tersebut menunjukkan atensi khusus terhadap daerah yang menjadi lingkup tugasnya yakni provinsi Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

"Dalam 3 tahun terakhir, pos pimpinan Kodam XVII/Cenderawasih adalah yang cukup sering mengalami penyegaran. Hal ini setidaknya menunjukkan adanya atensi khusus yang diberikan kepada daerah ini," kata Anton ketika dihubungi News pada Rabu (3/5/2023).

"Apalagi, latar belakang korps yang memegang pos tersebut umumnya berasal dari Kopassus. Dan, beberapa kali posisi tersebut hanya dijabat kurang dari 12 bulan," sambung dia.

Baca juga: Kodam XVII Cenderawasih Sebut Kabar 2 Anggota TNI Ditembak di Distrik Beoga Papua Hoaks 

Penunjukkan Mayjen Izak Pangemanan yang sebelumnya menjabat Kepala Staf Kogabwilhan III sebagai Panglima Kodam XVII Cenderawasih yang baru, kata Anton, memunculkan adanya harapan.

Harapan tersebut, kata dia, terkait perubahan pendekatan dalam menghadapi dinamika di Papua.

"Jika melihat rekam jejak penugasan, Izak adalah seorang perwira yang banyak terlibat dalam isu Papua. Dengan demikian, setidaknya ada harapan terjadinya penurunan eskalasi situasi keamanan di sana," kata Anton.

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menerbitkan Surat Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/426/IV/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan di Jakarta pada Kamis (27/4/2023).

Di bagian Memperhatikan, tertulis Sidang Wanjakti tanggal 29 Maret 2023 dan pertimbangan Pimpinan TNI.

Selain itu tertulis juga surat Menhan, Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Laut, dan Kepala Staf Angkatan Udara di bagian pertimbangannya.

Baca juga: Mutasi 172 Perwira TNI: Pangkogabwilhan III, Pangdam XVII Cenderawasih serta Danpuspom Diganti

Dalam salinan dokumen yang dikonfirmasi Kepala Pusat Penerangan TNI Laksda Julius Widjojono pada Rabu (3/5/2023) tersebut terdapat 172 nama perwira TNI.

Sejumlah jabatan di lingkup Komando Teritorial hingga Mabes TNI diganti.

Satu di antaranya adalah jabatan Pangdam XVII Cenderwasih yang sebelumnya dijabat Mayjen Saleh Mustafa.

Mayjen TNI Saleh Mustafa kini menjabat sebagai Pa Sahli Tk III KSAD Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat