androidvodic.com

Dekan Fisipol UGM Wawan Mas'udi Bicara soal Korupsi Jhonny G Plate: Gempa Dahsyat Politik NasDem - News

News, JAKARTA - Pakar Politik sekaligus Dekan Fisipol Universitas Gadjah Mada Wawan Mas'udi menilai kasus korupsi yang dilakukan Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G Plate memiliki dampak besar.

Buntut masalah proyek pengadaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G ini membuat Partai NasDem diguncang gempa.

"Jadi ini dampaknya memang sangat besar baik terhadap karier politik Pak Jhonny dan kepada Partai NasDem untuk pilpres. Tentunya juga ini memberi dampak kepada kabinet Pak Jokowi," ucap Wawan saat wawancara melalui zoom dengan Tribun Network, Rabu (17/5/2023).

Menurutnya, dampak terhadap NasDem ini jelas akan menimbulkan pertanyaan besar dari publik terkait integritas dari partai yang dipimpin Surya Paloh ini.

Baca juga: Hary Tanoe Diisukan akan Gantikan Johnny G Plate Jadi Menkominfo, Begini Kata Jokowi dan Perindo

"Kita tahu kasus korupsi menteri ini bukan kali pertama di kabinet Pak Jokowi, tetapi ini yang kelima," tuturnya.

Alhasil kabinet Presiden Jokowi kemudian membuat publik bertanya-tanya bagaimana kontrol kepala negara terhadap menteri-menterinya.

Simak wawancara Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra dengan Wawan Mas'udi:

Terkait peristiwa penetapan tersangka Jhonny G Plate apakah ada dampak politiknya?

Sangat besar dampak politik, satu karena Pak Jhonny beliau adalah menteri di kabinet Pak Jokowi. Representasi dari partai koalisi.

Kedua, beliau adalah Sekjen Partai NasDem. Ketiga beliau politisi senior yang sedang mendaftarkan menjadi kontestan pemilu legislatif 2024.

Jadi ini dampaknya memang sangat besar baik terhadap karier politik Pak Jhonny dan kepada partai NasDem untuk pilpres. Tentunya juga ini memberi dampak kepada kabinet Pak Jokowi.

Artinya kalau kabinet Pak Jokowi ini menunjukkan ada persoalan di dalam kabinet sehingga kemudian publik menjadi bertanya-tanya bagaimana kontrol Presiden terhadap menteri-menterinya.

Baca juga: Denny Indrayana: Kasus Johnny G Plate Terindikasi Libatkan Partai Lain, Politisasi Harus Dihilangkan

Dan untuk NasDem ini jelas akan menimbulkan pertanyaan besar dari publik terkait integritas dari partai ini. Kita tahu kasus korupsi menteri ini bukan kali pertama di kabinet Pak Jokowi tetapi ini yang kelima.

Pointnya Pak Jhonny harus mengakhiri lebih awal karier politiknya. Untuk kembali butuh waktu menurut saya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat