androidvodic.com

Momen Iriana Ajak Ibu Negara Iran Minum Teh, Jokowi Tanam Pohon Ulin Bersama Presiden Raisi - News

News, BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan resmi Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/2023).

Kunjungan Presiden Raisi ini untuk pertama kalinya sejak dilantik sebagai Presiden Iran pada 2021 lalu.

Kunjungan terakhir Presiden Iran ke Indonesia dilakukan pada pada 23-24 April 2015, ketika Presiden Hassan Rouhani menghadiri Peringatan 50 Tahun Konferensi Asia - Afrika.

Baca juga: Indonesia Perkuat Kerja Sama Bedah Robotik Dengan Iran

Sementara itu, Presiden Joko Widodo berkunjung terakhir ke Iran pada 14 Desember 2016.

Presiden Raisi bersama delegasi terbatas tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.40 WIB. Kedatangan Kepala Negara Iran tersebut turut diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Jokowi menyambut Presiden Raisi begitu turun dari mobil di halaman Istana Kepresidenan. Jokowi kemudian mengajaknya mengikuti prosesi penyambutan resmi kenegaraan dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam.

Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan. Kedua pemimpin selanjutnya memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir.

Baca juga: Pimpinan MPR Terima Kunjungan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Presiden mengenalkan sejumlah Menteri yang hadir di Istana yakni Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, Mendag Zulkifli Hasan, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Wamenkes Dante Saksono Harbuwono, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, dan Dubes Indonesia untuk Iran Ronny Prasetyo Yuliantoro. Sementara Presiden Iran didampingi Wakil Presiden Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Menteri Luar Negeri, Menteri Informasi dan Teknologi Komunikasi, Menteri Perminyakan.

Setelah saling memperkenalkan delegasi masing-masing, Presiden Jokowi kemudian mengajak Presiden Iran untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai, Istana Bogor.

Presiden Raisi merupakan presiden Iran kedelapan yang telah menjabat sejak 3 Agustus 2021 hingga sekarang. Sebelumnya presiden Raisi juga pernah berkarir di dunia peradilan yang bermula menjadi seorang jaksa dan menjadi wakil Jaksa di Teheran pada tahun 1985.

Selain itu presiden Raisi juga telah memegang sejumlah posisi Yudisial tingkat tinggi salah satunya pernah menjabat sebagai Jaksa Agung.

Minum Teh

Selain Jokowi, ibu negara Iriana Joko Widodo juga menjamu ibu negara Iran Jamileh Alamolhoda. Iriana mengajak Jamileh untuk minum teh bersama.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Iriana menyambut langsung kedatangan Jamileh di Restoran Raasaa.

Baca juga: Jokowi dan Presiden Iran Bahas Masalah Palestina dan Afghanistan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat