androidvodic.com

Edukasi Pentingnya Perlindungan Data Pribadi, Kemkominfo Antisipasi Kejahatan Siber - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus mendorong upaya dalam meningkatkan literasi digital pada generasi muda Indonesia.

Satu di antaranya melalui kolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melalui program literasi digital nasional untuk mendorong generasi muda #MakinCakapDigital.

Program ini diadakan dalam bentuk workshop bertajuk 'Pemahaman terhadap Data Pribadi di dalam Ruang Digital' dan menyasar berbagai kalangan di Sikka, Maumere, Nusa Tenggara Timur, pada Rabu (24/5/2023).

Ada 1.000 peserta yang hadir dalam workshop yang diadakan secara luring di Sikka Convention Center itu.

Baca juga: Cegah Serangan Siber, BSSN Latih Kementerian hingga TNI-Polri Investigasi Dark Web

Menurut data dari National Cyber Security Index (NCSI), skor indeks keamanan siber Indonesia naik dari 38,96 poin pada 2022, menjadi 63,64 pada April 2023.

Peningkatan skor ini turut mengerek ranking indeks keamanan siber Indonesia, dari peringkat 83 ke 47 dari 175 negara.

Meskipun terjadi peningkatan ranking yang signifikan, Kemkominfo tetap menggalakkan program literasi digital ini ke seluruh pelosok negeri, hal ini dapat dilihat pada media sosial @siberkreasi maupun @literasidigitalkominfo.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo mengatakan selama ini internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat di daerahnya.

Kendati demikian, ada sejumlah persoalan yang dihadapi masyarakat Sikka dalam penggunaan internet seperti penyebaran hoax dan keamanan data pribadi, ini tentunya perlu mendapatkan perhatian khusus.

"Workshop seperti ini penting untuk meningkatkan wawasan, sehingga masyarakat di Kabupaten Sikka bisa memanfaatkan internet secara optimal, sekaligus terhindar dari hoax dan peretasan," kata Fransiskus.

Pernyataannya ini sejalan dengan Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang mencatat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 78,19 persen pada 2023 atau menembus 215.626.156 jiwa.

Baca juga: Agar Terhindar dari Ancaman Kejahatan Siber, Bertransaksi Online akan Aman dengan Cara Ini

Jika dibandingkan dengan hasil survei sebelumnya, maka tingkat penetrasi internet Indonesia pada tahun ini mengalami peningkatan sebesar 1,17 persen.

Sementara itu, Dosen Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif (IFTK) Ledalero, Yohannes De Brito Nanto menyampaikan bahwa transformasi digital membuat data pengguna menjadi tambang baru yang bernilai tinggi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat