androidvodic.com

PMJ Klarifikasi soal Video Viral Mario Dandy Pakai Kabel Ties Sendiri, Tegaskan Sesuai SOP - News

News - Polda Metro Jaya menjelaskan alur sebenarnya terkait viralnya video tersangka kasus penganiayaan, Mario Dandy Satriyo yang dapat memakai kabel ties sendiri.

Sebagai informasi, video tersebut viral di beberapa media sosial dengan memperlihatkan dua video berbeda yang disatukan.

Pada video tersebut, tampak Mario yang memakai baju berwarna hitam tengah memakai kabel ties sendiri ketika disekelilingnya ada polisi beserta penyidik.

Lalu, dalam adegan selanjutnya, terlihat Mario Dandy tersenyum saat ditanya wartawan apakah dirinya menyesal telah menganiaya David Ozora atau tidak.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, pun meluruskan beredarnya video tersebut dalam konferensi pers yang digelar pada Minggu (28/5/2023) di Gedung Polda Metro Jaya, Jakarta.

Trunoyudo mengungkapkan, pihaknya tidak menampik bahwa peristiwa dalam video tersebut memang terjadi.

Baca juga: Fakta Viral Mario Dandy Pasang Borgol Kabel Ties, Polisi Sebut Video Hasil Editan-Respons Ayah David

Ia mengatakan, peristiwa Mario dapat memakai kabel ties sendiri terjadi pada Jumat (26/5/2023) sekira pukul 13.34 WIB.

"Peristiwa tersebut, pada faktanya, masih bertempat dalam kawasan rumah tahanan Polda Metro Jaya. Tepatnya pada ruangan administratif dan piket siaga pada hari Jumat, 26 Mei 2023 sekira pukul 13.34 WIB sesuai dengan video yang direkam oleh jurnalis," katanya dikutip dari Breaking News Kompas TV.

Trunoyudo mengungkapkan, saat peristiwa tersebut terjadi, Mario masih dalam pengawasan penyidik dan anggota Direktorat Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya.

Lalu, Trunoyudo menjelaskan momen Mario terekam memasang kabel ties sendiri saat berada di tengah pengawasan polisi.

Dia mengungkapkan pada momen tersebut, Mario akan mengganti pakaiannya menjadi baju tahanan.

Sehingga, sambungnya, kabel ties tersebut harus dilepas.

"Peristiwa ini berlanjut, sesuai SOP di mana tersangka harus, secara rasional kita berpikir, tersangka harus menggunakan baju tahanan oleh penyidik. Maka, apabila kabel ties di tangan tersangka tidak dibuka atau dibukakan oleh penyidik, maka sulit untuk menggunakan kaos tahanan karena sesuai SOP harus menggunakan (baju) tahanan ketika keluar dari Direktorat Tahanan dan Barang Bukti," beber Trunoyudo.

Dari video yang diunggah Jonathan, pada saat itu, Mario Dandy mengenakan baju warna hitam dan celan pendek tanpa borgol. Cuitan Jonathan di Twitter Terlihat Mario Dandy Bisa Melepas dan Pakai Kabel Ties yang Mengikat Tangannya
Dari video yang diunggah Jonathan, pada saat itu, Mario Dandy mengenakan baju warna hitam dan celan pendek tanpa borgol. Cuitan Jonathan di Twitter Terlihat Mario Dandy Bisa Melepas dan Pakai Kabel Ties yang Mengikat Tangannya (Twitter @seeksixsuck)

Setelah memakai baju tahanan, Trunoyudo mengungkapkan Mario Dandy selanjutnya dibawa oleh penyidik menuju Gedung Biddokes Polda Metro Jaya untuk mengikuti tes kesehatan tahap akhir.

Baca juga: Viral Mario Dandy Lepas Pasang Kabel Ties dan Tersenyum saat Minta Maaf, Ini Kata Polda Metro Jaya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat