androidvodic.com

Yuk Kenali Uang Riyal Arab Saudi, Pecahan Terkecil 1 Halala Setara Rp 40 - News

News, MADINAH - Jika Anda berniat haji atau umrah ke Tanah Suci, Arab Saudi sebaiknya kenali dulu jenis mata uang Riyal yang menjadi alat tukar resmi di Kerajaan Arab Saudi ini.

Mata uang riyal Arab Saudi memiliki 12 jenis mata uang, tujuh dalam bentuk koin dan lima uang kertas (bank note).

Nominal mata uang terendah adalah 1 Halalah. Nilai uang koin tertinggi 2 SR. Lidah orang Arab melafalkan 2 Real dengan "Rialin". Nominal tertinggi 500 Real.

Bentuknya dalam kartal, uang kertas. Satu Halalah setara Rp40. Nominal terkecil ini nyaris tak jadi alat tukar lagi. "Kalau beruntung kamu bisa minta sama penjaga toko," kata Suryana, Sabtu (3/6/2023) siang.

Mukimin asal Jawa Barat, yang sudah 21 tahun di Madinah, ini menyebut nominal terkecil paling banyak edar sisa Nusu, atau 50 SR (setara Rp2.000).

Selain 1 Halala, dan Nusf atau Nusu (setengah Real)' ada juga Ruub. Ini seperempat Real atau 25 Halala.

Jika Anda berniat umrah atau haji, dan belanja skala kecil, saran kami, sebaiknya memperbanyak nominal 5 SR, 10 SR, 20 dan 50 SR.

Nominal 100 SR dan 500 SR ini terbilang berisiko. "Kalau 1 lembar 500 Real tercecer, itu artinya hilang dua juta (Rupiah)," kata Whisnu (53), jamaah haji asal Jakarta.

Sebagai tambahan informasi, jika Anda punya kartu debit berlogo Visa bisa manarik uang di anjungan tunai mandiri berlogo sama.

Kurs rupiah sama dengan kurs tengah konversi bank internasional saat itu. Catatannya sekali withdraw dikenakan bank fee sekitar Rp 20 hingga Rp25 ribu.

Baca juga: Innalillahi Wa Innailahi Rajiun, Calon Jamaah Haji Indonesia Meninggal di Tanah Suci Jadi 11 Orang

Demikian juga jika transaksi cashless di toko atau gerai. Tipsnya jika menarik uang kas dalam nominal besar sebaiknya pakai ATM.

Demikian juga jika transaksi barang bernilai jutaan rupiah, disarankan pakai kartu debit atau kredit. Namun jika hanya untuk keperluan belanja mingguan, jajan, kulineran, lebih disarankan pakai cash.

Bank Dunia menyebut mata uang riyal Arab Saudi termasuk mata uang populer di Jazairah Arab. Penggunaanya secara fluktuatif dan meningkat tajam saban musim haji dan umrah.

Baca juga: Kemenag Tagih Komitmen Jadwal Penerbangan Jamaah Haji Garuda Indonesia

Di bulan Dzulqaidah 1444 H atau Mei 2023 ini, jika dirupiahkan, 1 riyal Saudi dihargai dengan kurs rerata Rp 4100.

Konversi rupiah ke riyal Arab Saudi terus naik. Dalam 10 tahun terakhir fluktuasi kurs rupiah ke SR dikisaran Rp 3200 hingga Rp4 ribu. Dua puluh tahun lalu, 1 SR di kisaran Rp2.000 - Rp 2500.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat