androidvodic.com

Sambut Hari Keluarga Nasional 2023, BKKBN Targetkan 1,2 Juta Pasangan Usia Subur Dapat KB - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu 

News, JAKARTA -- Menyambut Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023 pada 29 Juni mendatang, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bakal menggelar pelayanan Keluarga Berencana (KB) Serentak Sejuta Akseptor.

Kegiatan ini dilakukan di seluruh provinsi pada tanggal 14 Juni 2023 mulai pukul 00.00 s.d 23.59 waktu setempat.

Adapun target akseptor yang diharapkan adalah sejumlah 1.244.348 akseptor, dengan target yang sudah dibagi untuk masing-masing provinsi.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo optimistis target tersebut tercapai dimana ada hampir 100 ribu penyuluh KB di terjunkan setiap desa atau kelurahan

"Harus tercapai ini karena semua sudah dipersiapkan. Akseptor juga sudah disisir sebelumnya. Sehingga hari ini sudah pelayanan. Kalau 80 ribu desa atau kelurahan rata-rata 20 saja itu sudah 1,6 juta saja. 1,2 juta itu kecil karena waktu pandemi itu sehari 1,4 juta sehari. Kalau hari ini tidak pandemi harusnya tidak ada kendala. 1,2 juta yakin bisa," ujar Hasto saat ditemui di gedung BKKBN, Halim, Jakarta Timur, Rabu (14/6/2023).

Jenis pelayanan KB yang dilakukan terdiri dari Pil, Kondom, Suntik, IUD, Implan, MOW dan MOP dengan tetap memperhatikan kualitas pelayanan, kondisi zona wilayah dan protokol kesehatan.

Kegiatan dibuka dengan penandatanganan MoU dan PKS dengan mitra kerja PKMI dan PDUI ini dihadiri secara daring maupun luring oleh Pejabat Tinggi Pratama BKKBN Pusat beserta jajaran, Dinas DPPAPP Provinsi DKI Jakarta, Perkumpulan Kontrasepsi Mantap Indonesia (PKMI), Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI), Perwakilan BKKBN Provinsi Seluruh Indonesia, OPDKB Provinsi, OPDKB Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan, organisasi profesi serta stakeholder dan mitra kerja terkait.

Baca juga: Kepala BKKBN Tegaskan Pernikahan Dini Berkontribusi Tingkatkan Prevalensi Stunting

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Eni Gustina mengatakan, tujuan Umum dari kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor ini adalah Meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas bagi Pasangan Usia Subur (PUS).

"Untuk Pencatatan dan Pelaporan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dilakukan secara sistematis dan langsung dapat diterima oleh Tim Panitia Pusat paling lambat pukul 15.00 WIB tanggal 16 Juni 2023," terang Erni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat