androidvodic.com

Sikapi Putusan MK, Hasto PDIP Dorong Kader Kedepankan Gotong Royong Dalam Strategi Pemenangan Pemilu - News

News, JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menegaskan partainya bakal mengedepankan sistem gotong rotong dalam menghadapi Pemilu 2024, mendatang.

Hasto juga menyebut, sebagai partai yang memegang spirit gotong royong harus siap dalam kondisi apapun. Termasuk, menyikapi Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutus menolak uji materi sistem Pemilu proposional tertutup.

Hasto menyebut, pihaknya juga akan menginstruksikan dan mendorong ke seluruh kader untuk mengedepankan kepentingan partai dalam strategi pemenangan Pemilu.

"Kami akan tetap mengedepankan cara gotong royong, sehingga di dalam strategi pemenangan pemilu yang dikedepankan tetap kepentingan partai di atas kepentingan orang per orang dan ini memerlukan suatu seni (politik,red)," kata Hasto dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (15/6/2023).

Hal itu disampaikan Hasto sekaligus menjawab pertanyaan media soal strategi dari PDIP dan kader partai menyikapi keputusan Mahkamah Konstitusi.

Hasto menambahkan, bahwa PDIP meyakini demokrasi yang dianut adalah demokrasi Pancasila. Di mana, partai berjuang mempersiapkan kader-kader terbaik, terlatih dan berkualitas yang dimajukan sebagai wakil rakyat di parlemen. Bukan, kader partai yang mengandalkan popularitas serta uang untuk bisa terpilih.

Apalagi, politisi asal Yogyakarta ini tak menampik jika persaingan antar caleg bakal terjadi tak hanya di antar partai tetapi di dalam satu partai.

Maka, Hasto mendorong seluruh kader PDIP untuk tetap mengedepankan spirit bergotongroyong dan tak melunturkan semangat kerja sama antarcaleg partai berlambang banteng moncong putih itu lewat sistem proporsional terbuka

Karena, sistem proporsional terbuka akan mendorong aspek-aspek caleg dari popularitas, kekuatan modalnya, kemampuan memobilisasi pemilih dengan menggunakan cara-cara yang memperkuat popularitas.

Baca juga: Respons Bocoran Putusan Sistem Pemilu, MK Tak Laporkan Denny Indrayana ke Polisi

"Sehingga partai justru akan mempersiapkan penbekalan kepada seluruh bakal calon legislatif untuk bersiap-siap di dalam sistem pemilu proporsional terbuka. Di mana sering kali di dalam praktik persaingan itu tidak hanya antarpartai tetapi di internal partai," ujar Hasto.

"Bagaimana kami mengelola agar spirit gotong royong, spirit musyawarah, spirit bekerja sama antarcaleg PDIP ini tidak meluntur karena pertarungan bebas melalui sistem proporsional terbuka," sambung dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat