androidvodic.com

Pembangunan Sirkuit Mandalika Masih sisakan Utang, KSP: Investasi Jangka Panjang - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

News, JAKARTA - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Helson Siagian mengingatkan, pembangunan dan pengembangan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat  merupakan investasi jangka panjang untuk mewujudkan pembangunan yang merata dan Indonesia sentris.

Helson menyampaikan ini menanggapi berbagai sorotan terhadap pembangunan Sirkuit Mandalika yang meninggalkan hutang Rp 4,6 triliun.

Utang tersebut terbagi atas kewajiban pembayaran jangka pendek sebesar Rp1,2 triliun dan jangka panjang Rp3,4 triliun.

"Pengembangan sirkuit sebagai sebuah terobosan yang disiapkan dengan penuh kehati-hatian untuk menumbuhkan pusat pariwisata baru, terutama di NTB. Hal ini salah satu bukti nyata komitmen Presiden Jokowi untuk memeratakan pembangunan di Indonesia," katanya, Jumat, (16/6/2023).

Helson menegaskan, pemanfaatan Sirkuit Mandalika sebagai tempat gelaran balapan berskala Internasional, yakni MotoGP, Moto2, Moto3, WSBK, dan Asian Talent Cup, telah menciptakan multiplier effect yang besar dan berkelanjutan. Ia mencontohkan kesuksesan event WSBK 2023 yang memberikan dampak Rp 5 triliun terhadap ekosistem pergerakan ekonomi di Indonesia.

"Kami (KSP) yakin dalam beberapa tahun kedepan, dampak pengembangan Sirkuit Mandalika ini akan lebih besar dan menguatkan NTB sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang berkelanjutan," katanya.

Terkait dengan penghapusan World Superbike, menurut Helson, hal itu tidak perlu dijadikan sebagai polemik. Sebab masih banyak event Internasional yang bisa digelar di Sirkuit Mandalika dan dapat menjaring wisawatan berkualitas. Seperti Porsche Challenge dan L'Etape Indonesia by Tour de France.

"Tentunya juga  MotoGP ya," ucapnya.

Baca juga: Erick Thohir Buka-bukaan soal WSBK Bikin Rugi Mandalika

Seperti diketahui, Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika atau (Pertamina Mandalika International Circuit) merupakan sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Lombok Tengah, NTB.

Sirkuit memiliki panjang lintasan 4,31 km dan 17 tikungan, serta area run-off yang luas. Sirkuit yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2021 tersebut, diklaim berkonsep sirkuit jalanan. Yakni, sirkuit akan dibuka untuk masyarakat jika tidak sedang menggelar balapan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat