androidvodic.com

Jarkom 2023 Perkuat Kualitas Pengelolaan Konten Media Center Daerah - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Hendra Gunawan

News, JAKARTA - Kebutuhan informasi yang cepat dan akurat membuat media menjadi elemen penting bagi masyarakat.

Media komunikasi khususnya kanal-kanal yang dikelola pemerintah kemudian dituntut menghasilkan konten-konten informasi yang positif dan berimbang yang salah satu tujuannya adalah meredam berita hoaks di masyarakat.

Demikian dikatakan Direktur Pengelolaan Media Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Nursodik Gunarjo saat kegiatan Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (JARKOM) edisi “Cepat & Efektif Hasilkan Konten Jurnalistik” seperti terulis dalam keteranga persnya, Jumat (23/6/2023).

Menurut dia, kegiatan Jarkom untuk meningkatkan kemampuan dan koordinasi dalam menghasilkan konten positif yang bermanfaat bagi public.

“Setelah kegiatan ini diharapkan supaya berita-berita yang disampaikan (newsroom pemerintah) bisa mengisi ruang publik sama masifnya sama dengan informasi yang berasal dari media profesional karena jika sudah berimbang, persepsi publik juga akan ikut berimbang,” jelasnya.

Secara khusus Jarkom, katanya, berupaya terus meningkatkan kualitas mitra portal berita InfoPublik dalam hal ini media center daerah dalam pengelolaan komunikasi publik termasuk penyusunan agenda setting dan manajemen isu.

Senada dengan Gunarjo, pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kominfo Provinsi DI Yogyakarta, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho menegaskan pentingnya agenda setting dalam proses komunikasi publik.

“Kualitas agenda setting dan management issue perlu ditingkatkan dengan memonitor isu yang tengah berkembang untuk dapat dengan cepat menyiapkan respon melalui koordinasi yang lebih efektif,” ujarnya.

Baca juga: Kominfo Gelar Program JARKOM, Pelatihan Jurnalis untuk ASN Pengelola Media Instansi

Jarkom adalah salah satu program pelatihan jurnalistik yang digelar oleh Direktorat Pengelolaan Publik IKP Kominfo. Jarkom dikarapkan menjadi wadah strategis untuk meningkatkan kemampuan pengelola komunikasi publik untuk menghasilkan konten yang positif, terkait apa yang telah dan akan dilakukan pemerintah.

Pada seri pertama 2023, Jarkom menghadirkan praktisi media Maya Herawati. Sesi ini secara mendalam membedah trik dan cara efektif serta cepat menghasilkan sebuah berita. Maya juga menjelaskan membagikan rahasia sebuah berita dapat tersebar secara masif dan menjadi konsumsi publik.

Baca juga: Kominfo Perpanjang SK PANDI Sebagai Registri Domain Indonesia

“Kita kan tugasnya mengumpulkan, menulis, menyunting dan menyebarluaskan. Pada bagian menyebarluaskan, Anda bisa taruh di website dan press release bisa channeling melalui media-media mainstream,” ujar Maya.

Media sosial saat ini dijelaskan Maya, merupakan media tersendiri yang sama besarnya dengan media mainstream. Sehingga, perlu dimanfaatkan untuk mendapatkan perluasan berita yang lebih besar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat