androidvodic.com

Kinerja Apik Urus PSSI Dinilai Jadi Pendorong Kenaikan Elektabilitas Erick Thohir - News

News, JAKARTA - Tren elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) tren menunjukkan kenaikan.

Kondisi demikian tidak lain dipicu oleh kinerja cemerlang yang konsisten baik sebagai menteri BUMN ataupun Ketua Umum PSSI.

Pengamat Politik PARA Syndicate Ari Nurcahyo menilai kualitas Erick Thohir sebagai pemimpin menjadi salah satu faktor tingginya elektabilitas sebagai cawapres. Berkat tangan dingin kepemimpinan Erick Thohir banyak sektor meraih kesuksesan.

Apalagi gebrakan yang dilakukan Erick Thohir di PSSI menjadi perhatian besar publik. 

Ditambah program-program Erick Thohir yang hendak menjadikan sepak bola Indonesia seperti Eropa.

"Kalau elektabilitasnya naik tentu yang disorot kinerja Erick Thohir di PSSI akhir-akhir ini," kata Ari dikutip Rabu (28/6/2023).

Hal itu langsung dibuktikan oleh Erick Thohir dalam kurun waktu 3 bulan sejak pertama kali memimpin PSSI

Erick Thohir berhasil mengawal Timnas Indonesia menjuarai SEA Games 2023 di Kamboja setelah 30 tahun lebih tidak merasakan juara.

Erick Thohir juga mampu membuat gebrakan dengan menghadirkan juara Piala Dunia 2022, Argentina untuk bertanding melawan skuad Garuda dalam ajang FIFA Matchday. 

Program tersebut sesuai dengan komitmen Erick Thohir yang ingin melakukan revolusi mental bagi para atlet sepak bola Indonesia.

"Kita menang di SEA Games, nggak kena banned FIFA, saya pikir itu yang paling mencuri perhatian publik," ujar Ari.

Sebagai informasi, dalam catatan survei Indonesia Political Opinion (IPO) periode 5-13 Juni 2023, menyebutkan, Erick Thohir tempati daftar cawapres teratas dengan raihan elektabilitas sebesar 15,5 persen.

Eks Presiden Inter Milan itu berhasil unggul atas pesaing terdekatnya yang berada di peringkat kedua yakni Mahfud MD yang mengantongi nilai sebesar 11,1 persen. 

Adapun di posisi berikutnya, dtempati oleh Agus Harimurti Yudhoyono dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dengan masing-masing mengantongi skor sebesar 10,9 persen dan 6,7 persen.

Sebagai informasi, survei IPO ini dilakukan dalam periode 5-13 Juni 2023 dengan melibatkan 1.200 responden yang tersebar proporsional secara nasional.

Baca juga: Punya Kapabilitas Mumpuni Jadikan Erick Thohir Kandidat Cawapres Kompeten

Survei ini juga memiliki margin of error pada tingkat kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat akurasi data 95 persen. 

Pengambilan sampel dari survei ini sendiri dilakukan dengan teknik multistage random sampling serta penerapan spot check pada 15 persen dari total populasi sampel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat